This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Author, M. Nailul (2015) IMPLEMENTASI FASILITAS KAFĀLAH PADA PRODUK BANK GARANSI DI BANK MUAMALAT INDONESIA, TBK CABANG SURABAYA – SUNGKONO : ANALISIS HAMBATAN DAN PENYELESAIANNYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (197kB) | Preview |
Abstract
Skripsi yang berjudul ‚Implementasi fasilitas Kafālah pada Produk Bank Garansi di Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Surabaya-Sungkono‛ ini adalah hasil penelitian pustaka untuk menjawab tiga pertanyaan: Apa saja jenis produk bank garansi di Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Surabaya-Sungkono? Bagaimana implementasi fasilitas kafālah pada produk bank garansi di Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Surabaya-Sungkono? Bagaimana hambatan dan penyelesaian fasilitas kafālah pada produk bank garansi di Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Surabaya-Sungkono?
Untuk menjawab pertanyaan di atas, maka dalam mengumpulkan data penelitian menggunakan data primer berupa wawancara. Data penelitian dihimpun melalui dokumen Bank Garansi. Bank Garansi merupakan penjaminan Bank atas permintaan nasabah karena dituntut oleh pihak ke tiga.
Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan pada Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Surabaya-Sungkono, Penerbitan Bank Garansi memiliki 6 macam produk Bank Garansi yaitu: Bid Bond, Advance Payment Bond, Performance Bond, Retention Bond, Payment Bond dan Custom Bond. Bank Garansi menggunakan akad kafālah bi Al-ujrah karena Bank bertindak sebagai penjamin bagi nasabah yang mengajukan permohonan atas dirinya dalam menjalankan suatu pekerjaan. Kemudian Bank Garansi memliki manfaat dalam kehidupan riil yaitu faktor pendukung dalam suatu proyek atau pekerjaan agar melancarkan kontrak antara pemberi pekerjaan dan yang menerima pekerjaan, hal ini yang akan menjadi lebih kuatnya kepercayaan di antara ke dua belah pihak.
Berdasarkan data-data yang diperoleh peneliti menganalisis adanya hambatan-hambatan yang dialami oleh Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Surabaya. Pihak Bank menyadari bahwa hambatan tersebut akan memperlambat jalannya kontrak pada Penerbitan Bang Garansi, di antara salah satu hambatan yaitu kurangnya pemahaman karyawan tentang Bank Garansi yang menyebabkan proses menjadi lama. Maka dari itu, Bank Muamalat Indonesia, Tbk perlu mengadakan sosialisai dan pelatihan yang lebih kepada para karyawan Bank, khususnya para karyawan yang terlibat secara langsung terhadap Penerbitan Bank Garansi tersebut.
Diharapkan Bank Muamalat Indonesia, Tbk khususnya pada produk Bank Garansi dapat ditingkatkan lagi dan lebih memahami kebutuhan nasabah agar nasabah lebih mempercayakan kontrak kepada Bank Muamalat Indonesia, Tbk.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Mugiyati | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Ekonomi Ekonomi Islam |
||||||
Keywords: | Implementasi; Bank Muamlat; Garansi | ||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah | ||||||
Depositing User: | Mr Sulaiman Sulaiman | ||||||
Date Deposited: | 04 Nov 2015 06:38 | ||||||
Last Modified: | 19 May 2017 02:37 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2568 |
Actions (login required)
View Item |