Endorsement dalam perspektif Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifin, Mahmudi bin Syamsul (2018) Endorsement dalam perspektif Islam. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Mahmudi Bin Syamsul Arifin_F12416274.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Aktivitas endorsement yang banyak kita temukan di beberapa media sosial, terdapat beberapa celebrity endorser yang menonjolkan sisi menarik dari bagian tubuh mereka (tabarruj), berpakaian ketat, dan bahkan ada yang sampai melewati batas aurat dalam memasarkan produk yang mereka endorse, begitu juga terkadang ada yang melakukan penipuan atau memberikan persepsi yang keliru atau tidak sesuai dengan kualitas produk yang diiklankan kepada konsumen. Dengan demikian dalam tesis ini penulis membahas secara spesifik tentang aktivitas endorsement dari sudut pandang Islam dengan tujuan untuk mengetahui konsep endorsement menurut Islam dan mengetahui etika endorser dalam memasarkan produk dalam perspektif Islam. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana konsep endorsement dalam perspektif Islam dan bagaimana etika endorser dalam memasarkan produk dalam perspektif Islam. Untuk menjawab beberapa pertanyaan ini, dilakukan penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). pengumpulan data dilakukan dengan Editing, Organizing, dan Penemuan hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Konsep endorsement dalam perspektif Islam adalah sebagaimana berikut: Prinsip endorsement Islam: a). Shiddiq (benar dan jujur). b). Amanah (terpercaya, kredibel). c). Fathanah (cerdas). d). Tabligh (komunikatif).,Karekteristik endorsement Islam: a). Ketuhanan (Rabbaniyah), b). Etika (Akhlaqiyyah), c). Realistis (Al-Waqi’iyyah), d). Humanistis (Al-Insaniyyah). 2). Etika endorsement dalam perspektif Islam adalah: a). Barang atau Produk yang diendorse harus halal, b). Barang atau produk yang diendorse adalah Produk asli, c). Seorang endorser harus bersikap ramah dalam melakukan promosi, d).Proses endorsement dilaksanakan secara sopan santun, e).Tidak ada konten yang menjelekkan produk lain, f). Tidak memuji produk yang dipromosikan secara berlebihan, g). Tidak menggunakan kata sumpah (Demi Allah), h). Transparan dalam mempromosikan suatu produk, i).Endorser harus menutup aurat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifin, Mahmudi bin Syamsulmuchmode08@gamil.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Endorsement
Divisions: Program Magister > Ekonomi Islam
Depositing User: Arifin Mahmudi bin Syamsul
Date Deposited: 01 Aug 2018 04:11
Last Modified: 24 Apr 2019 01:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25802

Actions (login required)

View Item View Item