EKSISTENSI PENGAJIAN REMAJA NURUL HIDAYAH (RNH) DALAM MENINGKATKAN PERILAKU SOSIAL DAN KEAGAMAAN REMAJA DI DESA TROSONO KECAMATAN SEKARAN KABUPATEN LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Romadhoni, Latifatul Afifah (2015) EKSISTENSI PENGAJIAN REMAJA NURUL HIDAYAH (RNH) DALAM MENINGKATKAN PERILAKU SOSIAL DAN KEAGAMAAN REMAJA DI DESA TROSONO KECAMATAN SEKARAN KABUPATEN LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

Masyarakat Trosono merupakan masyarakat yang penduduknya mayoritas beragama Islam dan sudah hidup dizaman modern yang penuh perubahan, ini dapat dilihat dari pendidikan masyarakatnya yaitu, minimal SLTA atau SMA sedangkan maksimal Sarjana (S2).Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana eksistensi pengajian Remaja Nurul Hidayah di tengah pergeseran nilai-nilai keagamaan. 2) Apakah fungsi pengajian Remaja Nurul Hidayah bagi para angotanya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, karena pada penelitian ini peneliti dituntut untuk memperdalam data guna menghasilkan data yang valid. Data yang diperoleh disajikan secara deskriptif serta dianalisis dengan teori fungsionalisme struktural oleh Talcot Parsons. Dalam penelitian ini dapat diperoleh fakta bahwa 1) eksistensi pengajian remaja nurul hidayah di tengah pergeseran nilai-nilai kegamaan masih bisa bertahan itu mempunyai beberapa faktor antara lain karena dorongan dari para orang tua, kesadaran dari para anggota yang mengikuti pengajian akan pentingnya nilai-nilai keagamaan bagi diri remaja, letak tempat pengajian yang strategis, dan pengajian yang tidak dipungut biaya sehingga para remaja dan orang tua tidak merasa keberatan dengan biaya yang dikeluarkan untuk pengajian. 2) fungsi pengajian remaja Nurul Hidayah menjadikan remaja Desa Trosono menjadi remaja yang berpendidikan agama, berprilaku baik, sopan dan saling bersilaturahmi menjaga tali persaudaraan antar sesama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Amal Taufiq
Creators:
CreatorsEmailNIM
Romadhoni, Latifatul AfifahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi Islam
Sosiologi
Keywords: Eksistensi Pengajian; Perilaku Sosial dan Keagamaan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Mr. Hanafi
Date Deposited: 07 Nov 2015 08:56
Last Modified: 07 Nov 2015 08:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2581

Actions (login required)

View Item View Item