Implementasi layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas XI IPA di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aliyah, Himatul (2015) Implementasi layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas XI IPA di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Himatul Aliyah_D03211041_2015 ok.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (806kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (289kB) | Preview

Abstract

Layanan bimbingan kelompok adalah sebuah bantuan yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling kepada beberapa pesera didik dalam bentuk kelompok untuk memberikan informasi dan memecahkan masalah bersama. Layanan ini dilaksanakan sebagai upaya membantu peserta didik untuk meningkatkan prestasi belajar menumbuhkan sikap semangat dalam melaksanakan proses belajar dengan sebaik-baiknya dan untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis bagaimana pelaksanaan pemberian layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo? 2) Apa saja faktor-faktor penghambat dan pendukung implementasi layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo? Jenis dan pendekatan penelitian ini adalah penelitian deskripstif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya dalam teknik analisis data yang diperoleh, penulis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau menarik kesimpulan. Selanjutkan yang menjadi obyek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA. Adapun Proses implementasi layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo, memiliki beberapa tahapan dalam pelaksanaannya. Tahapan-tahapan tersebut yaitu: tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan dan tahap pengakhiran. layanan bimbingan kelompok dilaksanakan setelah pulang sekolah. Pelaksanaan bimbingan kelompok dalam meningkatkan prestasi belajar siswa berlangsung dengan baik dan efektif. Terbukti dengan hasil nilai belajar peserta didik mengalami peninggkatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aliyah, HimatulUNSPECIFIEDD03211041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaksum, AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Layanan bimbingan kelompok; prestasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Mr. Hanafi
Date Deposited: 07 Nov 2015 12:45
Last Modified: 13 Feb 2025 08:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2598

Actions (login required)

View Item View Item