This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Aziz, Abdul (2015) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR AQIDAH AKHLAQ DENGAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS IV MI AL JAMIYATUL WASHLIYAH PADEMAWU PAMEKASAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (503kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (113kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar akidah akhlak bagi anak kelas IV MI. Disinyalir hal demikian terjadi karena metode yang kurang tepat. Maka, dipilihlah metode diskusi untuk menyelesaikan permasalahan ini. Oleh karena itu, Peneliti menggunakan metode diskusi.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana penggunaan metode diskusi pada pembelajaran akidah akhlak pada siswa kelas IV MI al Jamiyatul Washliyah Pademawu Pamekasan. 2) Ingin mengetahui apakah dengan menggunakan metode diskusi pada pembelajaran akidah akhlak, dapat meningkatkan motivasi belajar.
Penelitian ini menggunakan desain PTK yang terperinci dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Siklus I terdiri dari satu pertemuan dan siklus II juga satu pertemuan. Subyek penelitian adalah sejumlah populasi 25 siswa kelas IV MI Al Jamiyatul Washliyah Pademawu Pamekasan.
Berdasarkan hasil observasi pada tahap pra siklus diketahui bahwa semua siswa belum memiliki motivasi belajar sesuai yang diharapkan. Skor nilai yang diperoleh rata-rata hanya 58,33. Selanjutnya siswa diajar dengan menggunakan metode diskusi sehingga skor motivasi belajar rata-rata siswa di setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus pertama nilai rata-rata motivasi belajar adalah 76,2 dan meningkat pada siklus kedua menjadi 82,6. Maka, penelitian ini dicukupkan pada siklus kedua karena keterbatasan waktu bagi peneliti dan hasil observasi pada siklus kedua sudah mencapai keberhasilan dengan kategori “Baik”. Dikatakan demikian karena sudah sesuai dengan yang diharapkan yaitu nilai rata-rata motivasi belajar siswa yaitu 80.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Ali Mudlofir | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem | ||||||
Keywords: | Metode; Diskusi; Motivasi Belajar; Akidah Akhlak | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Mr. Hanafi | ||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2015 12:54 | ||||||
Last Modified: | 07 Nov 2015 12:54 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2599 |
Actions (login required)
View Item |