Peningkatan hasil belajar materi jenis-jenis pekerjaan mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) melalui model pembelajaran kooperatif tipe example non example bagi siswa kelas III MI Roudlotul Ulum Kebonsari Kec. Candi Kab. Sidoarjo Tahun pelajaran 2017/2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Khusnul (2018) Peningkatan hasil belajar materi jenis-jenis pekerjaan mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) melalui model pembelajaran kooperatif tipe example non example bagi siswa kelas III MI Roudlotul Ulum Kebonsari Kec. Candi Kab. Sidoarjo Tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khusnul Hidayah_D97214110.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi jenis-jenis pekerjaan kelas III di MI Roudlotul Ulum Kebonsari Candi Sidoarjo. Dari 34 siswa hanya 10 siswa yang mampu mencapai KKM. Minimnya strategi dan penggunaan media yang dilakukan guru saat mengajar membuat siswa menerima materi secara pasif sehingga siswa kurang memahami pembelajaran dan mendapatkan hasil belajar yang rendah. Berdasarkan hal tersebut,peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe example non example. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe example non example dalam peningkatkan hasil belajar pada materi jenis-jenis pekerjaan mata pelajaran IPS bagi siswa kelas III MI Roudlotul Ulum? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar pada materi jenis-jenis pekerjaan mata pelajaran IPS setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe example non example bagi siswa kelas III MI Roudlotul Ulum?. Tujuan dari penelitian ini, yaitu: (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Example non Example dalam peningkatan hasil belajar pada materi jenis-jenis pekerjaan mata pelajaran IPS bagi siswa kelas III MI Roudlotul Ulum. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi jenis-jenis pekerjaan mata pelajaran IPS setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Example non Example bagi siswa kelas III MI Roudlotul Ulum. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklusnya terdapat 4 tahapan (Perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi). Pengumpulan data didapat melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan mendapatkan hasil : (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe example non example dapat meningkatkan aktivitas guru dari siklus I 75 menjadi 82,6 pada siklus 2. Aktivitas siswa pun meningkat dari 75 pada siklus I menjadi 86,6 pada siklus 2. (2) Terdapat peningkatan hasil belajar pada siklus 1 yaitu 67,6% dari 34 siswa 23 siswa mampu mencapai KKM dan 11 siswa belum mampu mencapai KKM pada siklus 2 yaitu 88,2% dari 34 siswa hanya 4 siswa yang belum mampu mencapai KKM dan 30 siswa mampu mencapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa telah mengalami perubahan kearah yang lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Khusnulkhusnulhdy27@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Hasil belajar siswa; Materi jenis-jenis pekerjaan; Model pembelajaran kooperatif tipe example non example
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hidayah Khusnul
Date Deposited: 03 Aug 2018 06:37
Last Modified: 03 Aug 2018 06:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26035

Actions (login required)

View Item View Item