This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sholikhah, Nihayatus (2018) Peningkatan pemahaman isi cerita anak mata pelajaran Bahasa Indonesia peserta didik kelas V melalui metode partisipatif di MI Annahdliyin Buduran Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Nihayatus Sholikhah_D77214071.pdf Download (71MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia yang dilaksanakan di MI Annahdliyin Buduran Sidoarjo pada peserta didik kelas V terkait dengan memahami isi cerita anak masih belum maksimal dikarenakan proses pembelajaran yang hanya berfokus pada kegiatan membaca yang baik dan lancar. Pembelajaran yang berlangsung menjadi terkesan tidak bermakna bagi peserta didik. Suasana yang kurang mendukung dalam proses pembelajaran akhirnya membuat peserta didik bosan dalam mengikuti pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui penerapan metode partisipatif dalam meningkatkan pemahaman isi cerita anak mata pelajaran Bahasa Indonesia peserta didik kelas V di MI Annahdliyin Buduran Sidoarjo, dan 2) Untuk mengetahui tingkat pemahaman setelah menggunakan metode partisipatif dalam memahami isi cerita anak mata pelajaran Bahasa Indonesia peseta didik kelas V di MI Annahdliyin Buduran Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Tagart yang meliputi 4 komponen yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi . Subjek penelitian ini adalah 47 peserta didik kelas V MI Annahdliyin Buduran Sidoarjo tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes tulis, serta dokumentasi. Hasil penelitian penggunaan metode partisipatif dapat meningkatkan pemahaman isi cerita anak pada peserta didik kelas V di MI Annahdliyin Buduran Sidoarjo. Terjadi peningkatan aktivitas baik guru maupun peserta didik pada siklus I masing-masing hasilnya adalah 73,8 (kategori sedang) dan 70 (kategori tidak baik). Pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan hasil masing-masing aktivitas guru dan peserta didik adalah 85,7 dan 83,3 (keduanya termasuk dalam kategori baik). Setelah penggunaan metode partisipatif nilai rata-rata kelas meningkat pada siklus 1 yaitu 74,2 dan pada siklus II yaitu 77,2. Nilai rata-rata kelas pada kedua siklus termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan tingkat persentase ketuntasan belajar peserta didik juga meningkat pada siklus I yaitu sebesar 55,3% (kategori tidak baik) dan pada siklus II 80,8 % (kategori sedang).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Metode Pendidikan > Pendidikan Dasar |
||||||
Keywords: | Peningkatan pemahaman; isi cerita anak; metode partisipatif | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Sholikhah Nihayatus | ||||||
Date Deposited: | 10 Aug 2018 03:41 | ||||||
Last Modified: | 10 Aug 2018 03:41 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26202 |
Actions (login required)
View Item |