Implementasi model pembelajaran contextual teaching and learning pada ‎mata pelajaran Al-Qur’an Hadits untuk meningkatkan motivasi belajar dan ‎prestasi belajar siswa kelas IX MTs Al-Fatah Mojosari Mojokerto‎

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bariroh, Azmil Mukhibbatul (2018) Implementasi model pembelajaran contextual teaching and learning pada ‎mata pelajaran Al-Qur’an Hadits untuk meningkatkan motivasi belajar dan ‎prestasi belajar siswa kelas IX MTs Al-Fatah Mojosari Mojokerto‎. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Azmil Mukhibbatul Bariroh_F13214130‎.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Perencanaan Model Pembelajaran ‎Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas IX ‎MTs Al-Fatah Mojosari Mojokerto; (2) Implementasi Model Pembelajaran Contextual ‎Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas IX MTs Al-‎Fatah Mojosari Mojokerto; (3) Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran ‎Contextual Teaching and Learning terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar pada ‎Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas IX MTs Al-Fatah Mojosari Mojokerto.‎ Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif kuantitatif. ‎Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Al-Fatah Mojosari ‎Mojokerto sejumlah 48 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan ‎menggunakan observasi dan angket sebagai teknik pengumpul data pokok, ‎sedangkan dokumentasi sebagai teknik pengumpul data pendukung. Teknik analisis ‎data yang digunakan adalah dengan menggunakan content analysis dan comparative. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi, ditemukan bahwa model ‎pembelajaran CTL pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas IX MTs Al-Fatah ‎Mojosari Mojokerto belum sesuai dengan sintaks dan prinsip-prinsip pembelajaran ‎CTL, sehingga motivasi belajar dan prestasi belajar siswa terbilang rendah. Untuk itu ‎peneliti membuat draft rancangan model pembelajaran CTL yang sesuai dengan ‎sintaks dan prinsip-prinsip pembelajaran CTL dan divalidasi oleh ahli pembelajaran, ‎supervisor pendidikan dan praktisi pendidikan. Implementasi pembelajaran Al-Qur’an ‎hadits dengan model pembelajaran CTL yang dikembangkan dilaksanakan dengan ‎baik oleh guru, sesuai dengan sintaks dan prinsip-prinsip pembelajaran CTL; ‎Berdasarkan hasil analisis terhadap hasil angket, dimana selisih rata-rata antara ‎sebelum dan sesudah diimplementasikan model pembelajaran CTL (Contextual ‎Teaching and Learning) yang dikembangkan adalah berbeda, maka dinyatakan ‎terdapat pengaruh/ efektifitas model pembelajaran CTL yang dikembangkan terhadap ‎motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas IX MTs Al-Fatah Mojosari ‎Mojokerto.‎ Saran yang diberikan adalah guru hendaknya selalu konsisten dalam menerapkan ‎model pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kondisi siswa, karena ketidak ‎konsistenan dalam menerapkan model pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan ‎kondisi siswa dapat berpengaruh negatif terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar ‎siswa.‎

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bariroh, Azmil Mukhibbatulazmilbariroh@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: CTL; Motivasi; Prestasi‎
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bariroh Azmil Mukhibbatul
Date Deposited: 06 Aug 2018 06:59
Last Modified: 06 Aug 2018 06:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26209

Actions (login required)

View Item View Item