This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Putri, Masulah Nur Aini (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA LANCAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS I MI NURUL ULUM GRABAGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (465kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (851kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (323kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini dilatar belakangi oleh masalah yang timbul dikelas I MI Nurul Ulum Grabagan, yang terdiri dari 28 siswa. Masalah tersebut mengenai kemampuan membaca lancar siswa kelas I MI Nurul Ulum Grabagan masih sangat rendah. Ini dibuktikan dengan nilai kemampuan membaca lancar yang masih di bawah KKM (75). Oleh sebab itu, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media gambar dengan jenis penelitian kolaboratif yaitu pelaksanaannya dilakukan dengan bekerja sama dengan guru bidang studi bahasa Indonesia dan dibantu dengan teman sejawat.
Permasalah yang dikaji pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan media gambar pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MI Nurul Ulum Grabagan; (2) Bagaimana peningkatan kemampuan membaca lancar dengan media gambar di MI Nurul Ulum Grabagan.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan media gambar pada pelajaran bahasa Indonesia dan mengetahui kemampuan membaca lancar pada siswa dengan menggunakan media gambar di MI Nurul Ulum Grabagan.
Model yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus untuk mengetahui kemampuan membaca lancar siswa dengan menggunakan media gambar. Tiap siklus terdiri atas empat langkah pokok, yaitu: 1) perencanaan; 2) aksi atau tindakan; 3) observasi; dan 4) refleksi. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas I MI Nurul Ulum Grabagan tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, unjuk kerja dan dokumentasi.
Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: 1. Penerapan media gambar pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada siklus I masih belum maksimal. Hal ini dapat dilihat dari nilai akhir aktivitas guru 72,8 dengan kategori baik dan nilai akhir aktivitas siswa 72,5 dengan kategori baik. Setelah adanya perbaikan pada siklus II perolehan nilai akhir aktivitas guru 82,9 dengan kategori baik sekali dan nilai akhir aktivitas siswa 87,5 dengan kategori baik sekali. 2. Kemampuan membaca lancar siswa setelah diterapkannya media gambar pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 67,8% dengan kategori cukup dengan nilai rata-rata 78,8 dengan kategori baik. Siklus II menunjukkan peningkatan yaitu persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 85,18% dengan kategori baik dengan nilai rata-rata 82,7 dengan kategori baik sekali. Dengan demikian, penerapan media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca lancar pada siswa kelas I MI Nurul Ulum Grabagan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Wahyuniati | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media Pendidikan > Media |
||||||
Keywords: | Kemampuan Membaca Lancar; Media Gambar; Media Pendidikan; Media Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Mr. Hanafi | ||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2015 22:44 | ||||||
Last Modified: | 07 Nov 2015 22:44 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2622 |
Actions (login required)
View Item |