This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nafisah, Rosyidatun (2015) TATHBIQ AL-TARBIYYAH AL-RUHIYYAH NAHU TA’LIM AL-LUGHAH AL-ARABIYYAH ALA AL-MANHAJ AL-DIRASIY 2013 LI AL-THULLAB FI AL-FASHL AL-SABI’ FI AL-MADRASAH AL-TSANAWIYYAH AL-ISLAMIYYAH AL-HUKUMIYYAH JUNWANGI KRIAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (786kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (626kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (467kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (527kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (329kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan spiritual adalah pendidikan yang berhubungan dengan kerohanian atau jiwa seseorang Pendidika spiritual dalam tulisan ini didefinisikan sebagai konsep, system pendidikan yang menekankan pada pengembangan kemampuan ruhaniah atau spiritual dengan standar spiritual yang dapat dirasakan oleh peserta didik untuk meraih kesempurnaan hidup menurut ukuran Islam. Pengembangan kemampuan spiritual tidak terbatas pada peserta didik, akan tetapi mencakup semua pelaku pendidikan. Yang dimaksud penulis dengan pendidikan spiritual dalam tulisan ini adalah komponem dalam kompetensi yang terdapat dalam Kurikulum 2013.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendidikan spiritual pada pembelajaran Bahasa Arab dalam kurikulum 2013 serta untuk mengetahui bagaimana hasil pengaruh penerapan pendidikan spiritual pada pembelajaran bahasa arab dalam kurikulum 2013 pada siswa kelas 7 di MTS Negeri Junwangi Sidoarjo.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, maka peneliti menyimbulkan Bahwasannya dalam mata pelajaran Bahasa Arab pendidikan spiritual dimunculkan melalui pemberian contoh-contoh kalimat yang berhubungan dengan spiritual yang disesuaikan dengan tema pembelajaran Bahasa Arab. Disamping itu pula penerapan pendidikan spiritual melalui kegiatan kegiatan pembiasaan yang bisa dilaksanakan sebagai aplikasi penerapan pendidikan spiritual seperti, sholat dhuha setiap pagi hari, berdo’a dalam setiap memulai pelajaran, membaca basmalah dalam setiap melakukan sesuatu, dan lain lain. Adapun hasil penilaian penerapan pendidikan spiritual dalam pembelajaran bahasa arab pada Kurikulum 2013 siswa kelas 7 MTS Negeri Junwangi Sidoarjo adalah sangat baik
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | M. Nu'man | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Arab Kurikulum Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Pendidikan Spiritual; Kurikulum 2013 | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Users 18 not found. | ||||||
Date Deposited: | 09 Nov 2015 00:48 | ||||||
Last Modified: | 09 Nov 2015 00:48 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2629 |
Actions (login required)
View Item |