PENERAPAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MATERI MENGALIKAN DAN MEMBAGI PECAHAN PADA SISWA KELAS V MI ISLAMIYAH GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Octaviana, Lailatul Arista (2015) PENERAPAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MATERI MENGALIKAN DAN MEMBAGI PECAHAN PADA SISWA KELAS V MI ISLAMIYAH GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berhitung merupakan bagian dari matematika yang diperlukan untuk menumbuh kembangkan keterampilan berhitung yang berguna bagi kehidupan sehari-hari, terutama konsep bilangan yang merupakan dasar bagi pengembangan kemampuan matematika.
Namun kemampuan berhitung siswa pada umumnya masih rendah seperti yang tampak di MI Islamiyah Sambipondok Sidayu Gresik yang belum mencapai KKM yang telah ditetapkan.
Penelitian ini bertujuan (1)Untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi think-talk-write (TTW) dalam proses menghitung materi mengalikan dan membagi pecahan pada siswa kelas V MI Islamiyah Gresik. (2)Untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berhitung materi mengalikan dan membagi pecahan dengan menggunakan strategi Think-Talk-Write (TTW) pada siswa kelas V MI Islamiyah Gresik.
Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model Kurt Lewin, yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Tahapan dalam setiap siklus ada empat yakni perencanaan, penerapan tindakan, observasi, dan refleksi. cara pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan tes.
Dari hasil penelitian didapatkan bahwa penerapan strategi Think-Talk-Write (TTW) pada aktivitas guru siklus I pertemuan pertama nilai akhir yang diperoleh 79,6 (baik), siklus I pertemuan ke-dua nilai akhirnya 82,4 (baik), dan siklus II pertemuan pertama nilai akhir yang diperoleh 88,9 (sangat baik), siklus II pertemuan ke-dua nilai akhirnya 94,3 (sangat baik). Sedangkan untuk aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama nilai akhir yang diperoleh 66,34 (cukup), siklus I pertemuan ke-dua nilai akhirnya 72,1 (baik), dan siklus II pertemuan pertama nilai akhir yang diperoleh 80,7 (baik), siklus II pertemuan ke-dua nilai akhirnya 91,3 (sangat baik). Sedangkan kemampuan berhitung siswa dari pra-siklus, siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan yaitu: Pra-siklus nilai rata-rata yang diperoleh 57,7 dengan presentase 40%, Siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 70 dengan presentase 60%, dan siklus II nilai rata-rata yang diperoleh 82,3 dengan presentase 86,7%. Namun masih ada dua siswa yang belum tuntas (memenuhi KKM).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa. Serta dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Evi Fatimatur Rusyidiyah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Octaviana, Lailatul AristaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Strategi Belajar; Think-Talk-Write (TTW); Meningkatkan Kemampuan Berhitung
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Hanafi
Date Deposited: 10 Nov 2015 06:50
Last Modified: 10 Nov 2015 06:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2635

Actions (login required)

View Item View Item