This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Al Hafidh, Izzuddin Wahyu (2018) Pengaruh brand awareness dan persepsi syariah terhadap minat beli produk pada bank syariah mandiri area Malang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Izzuddin Wahyu Al Hafidh_G94214141.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Brand Awareness dan Persepsi Syariah Terhadap Minat Beli Produk pada Bank Syariah Mandiri Syariah Area Malang” ini merupakan hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang apakah ada pengaruh faktor Brand Awareness terhadap minat beli pada Bank Syariah Mandiri Area Malang dan apakah ada pengaruh faktor Persepsi Syariah terhadap minat beli pada Bank Syariah Mandiri Area Malang. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang telah dibuat berdasarkan indikator penelitian yang telah ditentukan. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner pada masyarakat yang akan atau sudah pernah melakukan transaksi pembelian di Bank Syariah Mandiri Area Malang Lokasi penelitian ini berada di Malang. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 100 responden. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa secara parsial Brand Awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk pada Bank Syariah Mandiri Area Malang dengan nilai t hitung>t tabel yaitu -5.596>1,984 dan nilai Sig.>0,05 yaitu 0,000. Artinya jika brand awareness dinilai baik oleh konsumen maka akan mempengaruhi tingkat minat beli produk yang tinggi dan sebaliknya jika brand awareness dinilai buruk oleh konsumen maka akan mempengaruhi tingkat minat beli produk yang rendah. Hal ini dikarenakan responden menilai Bank Syariah Mandiri Area Malang mampu membangun kesadaran merek yang baik dibenak konsumen, sehingga memudahkan konsumen untuk memiliki minat beli terhadap produk yang diinginkan dari Bank Syariah Mandiri. Sedangkan variable Persepsi Syariah secara parsial juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk pada Bank Syariah Mandiri Area Malang dengan nilai t hitung>t tabel 5.273>1,984 dan nilai Sig.<0,05 yaitu 0,000<0,05. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan kepada Bank Syariah Mandiri Area Malang dapat meningkatkan Brand pada masyarakat dan pelayanannya agar dapat menumbuhkan kepercayaan, kesadaran dan minat untuk membeli produk dari Bank Syariah Mandiri Area Malang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi masyarakat tentang kesyariahan Bank Syariah Mandiri sangat baik, mereka berpendapat bahwa mereka memilih karena kehalalan dari produk yang ada di Bank Syariah Mandiri. Persepsi syariah di bangun oleh pandangan dan pemikiran nasabah secara umum tentang layanan, dan transaksi perbankan di Bank Syariah Mandiri Area Malang sehingga hal tersebut mempengaruhi minat beli produk. Dari hasil uji t dapat dilihat bahwa masyarakat lebih berminat untuk melakukan pembelian produk perbankan di Bank Syariah Mandiri Area Malang karena faktor persepsi syariah.Dari hasil uji yang dilakukan oleh penulis dengan menggunakan SPSS 16.00 didapat kesimpulan penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan oleh variabel Brand Awareness dan variabel Persepsi Syariah terhadap minat beli produk pada Bank Syariah Mandiri Area Malang
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bank dan Perbankan Islam Ekonomi Islam Politik > Politik Islam > Persepsi Masyarakat |
||||||
Keywords: | Brand awareness; persepsi syariah | ||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah | ||||||
Depositing User: | Hafidh Izzuddin Wahyu Al | ||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2018 03:35 | ||||||
Last Modified: | 07 Aug 2018 03:35 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26367 |
Actions (login required)
View Item |