This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Afifah, Nur (2015) PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DAN DISKUSI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKN MATERI KEPUTUSAN BERSAMA SISWA KELAS V MI ASSA’ADAH SUKOWATI GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (493kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (614kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (241kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang terdapat pada siswa kelas V MI Assa’adah Sukowati Gresik yaitu motivasi belajar siswa di kelas tersebut masih rendah yakni sebesar 68,7%.Keadaan ini disebabkan oleh beberapa hal, antara lain : (1) siswa sulit untuk menguasai mata pelajaran, (2) siswa merasa kurang tertarik dengan pelajaran PKn, dan (3) penggunaan metode yang kurang tepat.Rumusan masalah dari permasalahan ini adalah bagaimana penerapan metode tanya jawab dan diskusidalam meningkatkan motivasi belajar PKn, dan bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan metodetanya jawab dan diskusidalam pembelajaran.Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan metode tanya jawab dan diskusidalam meningkatkan motivasi belajar, dan juga untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar materi keputusan bersama melaui metode tanya jawab dan diskusipada pembelajaran PKn.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melaksanakan dua siklus. Subyek penelitian ini yaitu 19 siswa kelas V MI Assa’adah Sukowati Gresik yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan angket. Sedangkan teknik analisis datanya adalah gabungan dari data kualitatif dan data kuantitatif. Dengan demikian analisis data dari penelitian ini adalah analisis deskripsi kualitatif dan deskirpsi kuantitatif.
Hasil penelitian dari analisis perhitungan kondisi awal tersebut secara keseluruhan diperoleh bahwa siswa kelas V memiliki rata-rata motivasi belajar sebesar 68,7 % dengan kriteria rendah dengan rincian sebagai berikut : sebanyak 8 siswa (42,11%) yang memiliki motivasi sangat rendah, dan 11 siswa (57,89%) yang memiliki motivasi rendah. Prosentase rata-rata motivasi belajar siswa di kelas V setelah siklus I sebesar 75,8% kategori rendah dengan rincian yaitu sebanyak 11 siswa (57,89%) yang memiliki motivasi rendah, dan 8 siswa (42,11%) yang memiliki motivasi tinggi. Presentase setelah siklus II sebesar 82,4% dengan kriteria tinggi,adapun rincian jumlah siswa dalam kriteria tersebut yaitu sebanyak 16 siswa (84,2%) yang memiliki motivasi tinggi, dan 3 siswa (15,8%) yang memiliki motivasi tinggi.
Simpulan dari penelitian ini adalah : (1) penerapan metode tanya jawab dan diskusi pada mata pelajaran PKn telah dapat diterapkan dengan baik, (2) dan adanya peningkatan motivasi belajar dalam pembelajaran PKn materi keputusan bersama.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Nadlir | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Motivasi Belajar Pendidikan Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem |
||||||
Keywords: | Metode; Tanya Jawab; Diskusi; Motivasi Belajar; PKn | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Mr. Hanafi | ||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2015 06:51 | ||||||
Last Modified: | 10 Nov 2015 06:51 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2638 |
Actions (login required)
View Item |