PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS IV MI TARBIYATUL BANIN LAJING AROSBAYA BANGKALAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aly, Aminuddin (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS IV MI TARBIYATUL BANIN LAJING AROSBAYA BANGKALAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (760kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini sangat sesuai dengan masalah yang ada, yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas IV MI Tarbiyatul Banin Lajing Arosbaya Bangkalan tahun pelajaran 2014/2015. Dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran aqidah akhlak, siswa akan terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran aqidah akhlak di kelas IV MI Tarbiyatul Banin Lajing Arosbaya Bangkalan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas IV MI Tarbiyatul Banin setelah diterapkannya pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yaitu proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri dalam upaya untuk memecahkan masalah tersebut dengan cara melakukan berbagai tindakan yang terencana dalam situasi nyata serta menganalisis setiap pengaruh dari perlakuan tersebut.
Pelaksanaan penelitian dibagi dalam tiga tahap yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus, hasil belajar siswa diperoleh dari 6 bulan yang lalu tepatnya di semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Pada siklus I dan II terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil pengamatan dan refleksi akan dijadikan bahan rujukan untuk pelaksanaan siklus berikutnya. Sehingga proses dan hasil pelaksanaan siklus berikutnya diharapkan akan lebih baik dari siklus sebelumnya. Dari setiap siklus akan diukur hasil belajar siswa, sehingga dapat diketahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw tersebut terhadap meningkatnya hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus, jumlah siswa yang mendapat nilai diatas KKM sebanyak 4 anak atau 25% dari jumlah siswa. Hasil tindakan pembelajaran yang dilakukan pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar aqidah akhlak siswa tersebut mengalami peningkatan, yaitu jumlah siswa yang mendapat nilai diatas KKM sebanyak 9 siswa atau 56%. Setelah dilakukan refleksi terhadap pelaksanaan tindakan pada siklus I, tindakan pembelajaran siklus II menunjukkan bahwa hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Dari tes yang diberikan di akhir siklus II diperoleh data bahwa jumlah siswa yang mendapat nilai diatas KKM sebanyak 15 siswa atau 94%.
Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Tarbiyatul Banin Lajing Arosbaya Bangkalan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Saiful Jazil
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aly, AminuddinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Kooperatif; Tipe Jigsaw;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Hanafi
Date Deposited: 10 Nov 2015 07:19
Last Modified: 10 Nov 2015 07:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2642

Actions (login required)

View Item View Item