Peningkatan hasil belajar Fiqih materi Shalat Ied dengan menggunakan metode Demonstrasi pada siswa Kelas IV MI. Syafi’iyah NU Tarokan Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulumuddin, Ihya’ (2015) Peningkatan hasil belajar Fiqih materi Shalat Ied dengan menggunakan metode Demonstrasi pada siswa Kelas IV MI. Syafi’iyah NU Tarokan Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (881kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (387kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar yang rendah memberikan dampak sulitnya mencapai tujuan pembelajaran bagi pelaku pendidikan. Untuk meningkatkan hasil belajar fikih meteri shalat ied, di ambil tindakan pembelajaran melalui metode Demonstrasi yang dilakukan dalam 2 siklus.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana penggunaan metode demonstrasi materi sholat ied pada siswa kelas 4 MI-Syafiyah NU Tarokan, (2) bagaimana peningkatan hasil belajar fiqih materi sholat ied setelah menggunakan metode demonstrasi.
Penelitian ini bertujuan mengukur sejauh mana efektivitas penggunaan metode demonstrasi, yakni (1) meningkatkan Hasil belajar siswa Kelas 4 MI. Syafi’iyah NU Tarokan Kec. Banyu Anyar Kab. Probolinggo, semester 2 Tahun Ajaran 2014-2015, Setelah menggunakan Metode Demonstrasi.. dan (2) Menemukan Metode yang tepat dalam meningkatkan Hasil Belajar Kelas 4 MI. Syafi’iyah NU Tarokan Kec. Banyu Anyar Kab. Probolinggo, semester 2 Tahun Ajaran 2014-2015
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Merujuk pada alur tindakan oleh Kemmis dan Taggart yakni alur spiral. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif terhadap data berupa wawancara, hasil belajar dan lembar observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi pada siswa kelas IV MI-Syafiyah NU Tarokan telah dilaksanakan dengan baik. Dapat dilihat pada lembar hasil skor observasi aktivitas guru dapat meningkat dari siklus 1 dengan skor 60 (cukup baik),sedangkan siklus 2 menjadi 80 (baik), dan hasil skor observasi aktivitas siswa siklus 1 sebesar 70% sedang siklus 2 sebesar 80% sehingga dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebesar 10%. Sedangkan prosentase ketentuan hasil belajar dalam mengerjakan sholat ied pada siklus 1 diperoleh nilai 60%, dengan katagori kurang dan pada siklus 2 diperoleh nilai 70% dengan katagori baik dari jumlah keseluruhan peserta didik tuntas memenuhi KKM.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Munawir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulumuddin, Ihya’--UNSPECIFIED
Subjects: Fikih
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Hasil Belajar; Fiqih; Materi; Sholat IED; Metode Demonstrasi MI Syafi'iyah; NU
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Hanafi
Date Deposited: 10 Nov 2015 07:39
Last Modified: 20 Sep 2018 05:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2647

Actions (login required)

View Item View Item