This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sari, Harum Ita Puspa (2018) Pengaruh kurikulum 2013 (k13) terhadap kinerja pemuda dalam sistem pengajaran di MI Al Fithrah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Harum Ita Puspasari_F52916006.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berawal dari latar belakang kurikulum yang berubah menjadi kurikulum 2013 di MI Al Fithrah Surabaya. Hal tersebut tentu saja membawa pengaruh bagi kinerja pemuda (guru muda) dalam sistem pengajarannya. Karena sebelumnya menggunakan kurikulum lain. Untuk itu, peneliti mencoba meneliti dan mencari tahu pengaruh kurikulum 2013 terhadap kinerja guru muda. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana sistem pengajaran Kurikulum 2013 di MI Al Fithrah Surabaya?, (2) Bagaimana kinerja pemuda dalam sistem pengajaran di MI Al Fithrah Surabaya?, (3) Bagaimana pengaruh Kurikulum 2013 terhadap kinerja pemuda dalam sistem pengajaran di MI Al Fithrah Surabaya?. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan dan memberikan makna terhadap suatu fenomena serta mengkaji secara natural pada kondisi objek yang alamiah. Sumber data yang diteliti yaitu sumber data primer dan sekunder. Dengan prosedur yaitu: penentuan tujuan penelitian dan pertanyaan penelitian, rancangan sampling, pengumpulan data. pengelolaan data dan analisis data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Kurikulum 2013 (K13) membawa pengaruh besar dan baik terhadap kinerja pemuda (guru muda) dalam sistem pengajaran di MI Al Fithrah Surabaya. Terbukti dengan berbagai data yang diperoleh. Baik melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang telah dikelola dan dianalisis, membuktikan adanya perubahan kinerja pemuda yang awalnya hanya menggunakan 4 metode saja. Namun, dengan adanya Kurikulum 2013 metode yang digunakan mencapai 11 metode. Maka, sistem pengajaran yang diaplikasikan pemuda menjadi lebih bervariasi. Guru muda menjadi lebih kreatif, karena mampu menciptakan ide-ide baru, lebih banyak praktek, diskusi dan bereksperimen. Hal tersebut menjadikan siswa lebih memahami materi yang disampaikan guru muda. Sehingga kinerja pemuda menjadi semakin meningkat dan bertambah baik dengan adanya Kurikulum 2013.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Kurikulum Pemuda Islam Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru |
||||||
Divisions: | Program Magister > Dirasah Islamiyah | ||||||
Depositing User: | Sari Harum Ita Puspa | ||||||
Date Deposited: | 10 Aug 2018 08:29 | ||||||
Last Modified: | 10 Aug 2018 08:29 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26539 |
Actions (login required)
View Item |