PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TINK PAIR AND SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS II MI DARUSSALAM SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musritah, Musritah (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TINK PAIR AND SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS II MI DARUSSALAM SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (16MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika kelas II MI Darussalam Gagangkepuhsari terhadap materi pelajaran matematika rendah, sehingga berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa tersebut. Maka diperlukan pemilihan metode yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep matematika. Model pembelajaran kooperatif tipe TPS adalah model pembelajaran yang menekankan siswa belajar dan bekerja dalam kelompok kecil secara kolaboratif. Sehingga siswa akan mendapatkan pemahaman yang lebih konkrit sesuai dengan taraf perkembangan kognitif anak usia 7-8 tahun.
Berdasarkan deskripsi dari latar belakang tersebut diperoleh dua permasalahan yaitu:1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif TPS pada materi perkalian pada siswa kelas 2 MI Darussalam Balongbendo Sidoarjo ? 2) Bagaimana hasil belajar pada materi perkalian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif TPS pada siswa kelas 2 MI Darussalam Balongbendo Sidoarjo ?
Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut penelitian ini memiliki dua tujuan yaitu: 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif TPS padamateri perkalian pada siswa kelas 2 MI Darussalam Balongbendo Sidoarjo 2) Untuk mengetahui hasil belajar pada materi perkalian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif TPS pada siswa kelas 2 MI Darussalam Balongbendo Sidoarjo
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). PTK ini terdiri dari dua siklus. Hasil refleksi pada siklus I akan digunakan sebagai bahan rujukan untuk pelaksanaan siklus berikutnya, sehingga proses dan hasil pelaksanaan siklus berikutnya akan lebih baik. Siklus akan dihentikan jika target indikator kinerja yang ditentukan telah tercapai. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2015, sedangkan siklus II dilaksakan pada tanggal 2 April 2015. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II MI Darussalam Sidoarjo berjumlah 14 siswa terdiri dari 6 laki-laki dan 8 perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa meningkat. Data hasil observasi aktivitas guru siklus II mencapai skor akhir 91,67 (sangat baik), mengalami peningkatan sebesar 29,17 dari siklus I. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS materi perkalian sudah dapat dilaksanakan dengan sangat baik. Sedangkan data hasil observasi siswa siklus II rata-rata skor akhir aktifitas siswa mencapai 87,50 (sangat baik), mengalami peningkatan sebesar 29,17 dibandingkan dengan siklus I. Data hasil belajar pada siklus I menunjukkan bahwa prosentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 64,29%. Data hasil tes pada siklus II menujukkan bahwa persentase ketuntasan belajar secata klasikal sebesar 85,71% meningkat 21,42 % dibanding siklus I

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Wahyuniati
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musritah, MusritahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Hasil Belajar; Matematika; Model Pembelajaran Kooperatif; Tipe TPS
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Hanafi
Date Deposited: 12 Nov 2015 00:27
Last Modified: 12 Nov 2015 00:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2654

Actions (login required)

View Item View Item