This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Cholifah, Siti (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK POKOK BAHASAN AKHLAQ TERPUJI KELAS IV DI MI DARUL MUSLIMIN BUNCITAN SEDATI SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (715kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (608kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (254kB) | Preview |
Abstract
Metode pembelajaran kooperatif tipe talking stick merupakan strategi pembelajaran melalui kelompok kecil yang saling bekerjasama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar. Penerapan metode ini, diharapkan peserta didik dapat menerima pelajaran dengan baik. Keunggulan talking stick adalah menggunakan media yang berupa tongkat, dan bisa diterapkan untuk semua materi pelajaran baik umum maupun agama.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: a.Bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada siswa kelas IV di MI Darul Muslimin Buncitan dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq? b. Bagaimana prestasi belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq kelas IV di MI Darul Muslimin Buncitan sebelum menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe talking stick? c. Apakah dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada siswa kelas IV di MI Darul Muslimin Buncitan dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran aqidah akhlaq ?
Tujuan penelitian ini adalah: a.Untuk mengetahui penerapan mata prestasi belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq pokok bahasan akhlaq terpuji sebelum menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe talking stick. c. untuk mengetahui seberapa besar penerapan pembelajaran kooperatif tipe Talking stick. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan,pelaksanaan tindakan, pengumpulan data, refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Darul Muslimin Buncitan Sedati . Data yang diperoleh berupa daftar nilai, prosentase keberhasilan belajar, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Kesimpulan penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq pokok bahasan akhlaq terpuji kelas IV MI Darul Muslimin Buncitan Sedati Sidoarjo mengalami peningkatan yang signifikan setelah menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe talking stick.Dengan prosentase ketuntasan hasil belajar 45 % pada siklus I menjadi 90 % pada siklus II. Peningkatan ini menandakan bahwa penelitian ini dapat dikatakan berhasil.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Saiful Jazil | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Aqidah Aqidah Wajib Belajar > Aqidah Pendidikan Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem |
||||||
Keywords: | Metode; Pembelajaran Kooperatif; Tipe Talking Stick; Prestasi belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Mr. Hanafi | ||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2015 00:55 | ||||||
Last Modified: | 12 Nov 2015 00:55 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2655 |
Actions (login required)
View Item |