This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ardyanto, David (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP PENCAPAIAN NILAI KKM DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 3. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (733kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (602kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (272kB) | Preview |
Abstract
Sebagai pelaksanaan program pembelajaran di kelas, seorang guru seyogyanya memilih strategi pembelajaran atau metode mengajar yang sesuai bagi siswa. Sebab penanganan siswa yang tidak mencapai keberhasilan dalam tujuan tidak harus selalu dilaksanakan oleh guru. Pemanfaatan strategi pembelajaran tutor sebaya yang dipimpin oleh guru, diharapkan memberikan hasil yang lebih baik dan optimal dari pada penyampaian langsung dari guru, karena hubungan teman biasanya lebih dekat dibandingkan hubungan guru dengan siswa. Tutor sebaya adalah bimbingan pembelajaran dalam bentuk pemberian bantuan, bimbingan, petunjuk arahan, dan motivasi agar para siswa belajar secara efektif dan efisien.
Adapun jawaban dari masalah yang ingin peneliti ketahui yaitu: Pertama, bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran tutor sebaya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Sidoarjo? Kedua, bagaimana nilai mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Sidoarjo dalam ukuran Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)? Ketiga, bagaimana Pengaruh Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Pencapaian Nilai KKM Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 3 Sidoarjo ?
Jika dilihat dari analisis datanya penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Namun data yang dikumpulkan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Karena subyek penelitian lebih dari 100, maka penulis mengambil 25% sebagai sampel penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket.
Adapun kesimpulan dalam penelitian ini yaitu, pertama, Pemilihan strategi pembelajaran tutor sebaya yang digunakan dalam proses pembelajaran merupakan salah satu hal yang menentukan dalam keberhasilan proses pembelajaran. Kedua, Pemahaman siswa terhadap materi dibuktikan dengan nilai pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Sidoarjo dalam ukuran KKM, dimana KKM nya adalah 80 dan semua siswa mampu mencapai nilai 80 bahkan melebihinya. Dan ketiga, diperoleh Fsign hitung = 2,265 dan Fsign tabel = 4,14. Sehingga Fsign hitung < Fsign tabel (2,265 < 4,14), ini berarti hasilnya adalah ada pengaruh yang signifikan antara kedua variabel penelitian. Dan Fline hitung =1,320 dan Fline tabel = 2,34. Sehingga Fline hitung < Flinetabel (1,320 < 2,34), ini berarti hasilnya adalah ada pengaruh yang linier antara kedua variabel penelitian. Berdasarkan analisis tersebut disimpulkan bahwa “Ada pengaruh yang positif, signifikan dan linier antara strategi pembelajaran tutor sebaya terhadap Pencapaian Nilai KKM Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 3 Sidoarjo.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | M. Nawawi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem |
||||||
Keywords: | Strategi Pembelajaran; Tutor Sebaya; KKM | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Mr. Hanafi | ||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2015 01:01 | ||||||
Last Modified: | 12 Nov 2015 01:01 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2658 |
Actions (login required)
View Item |