PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH 8 TERHADAP HASIL BELAJAR SHALAT JAMAK DAN QASAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 KEBOMAS GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wibowo, Falazuardika Imantara (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH 8 TERHADAP HASIL BELAJAR SHALAT JAMAK DAN QASAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 KEBOMAS GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi dan pengetahuan yang berkembang saat ini, sangat berpengaruh terhadap proses pendidikan dan pengajaran. Hal ini berakibat adanya tuntutan guru harus mampu mempergunakan media khususnya media elektronika dalam proses belajar mengajar. Berbagai jenis aplikasi teknologi komputer dalam pendidikan umumnya dikenal dengan istilah “Computer Asissted instruction (CAI)”
Adapun media elektronik yang kadang-kadang digunakan oleh beberapa guru pada umumnya adalah Powerpoint. Namun di SMP Negeri 2 Kebomas Gresik bukan hanya Powerpoint yang dimanfaatkan sebagai media, namun juga Macromedia Flash terutama dalam penyampaian materi fiqih. Penggunaan Macromedia Flash ini tentu menarik untuk diteliti untuk mengetahui sejauh mana keefektifan media pembelajaran tersebut dalam memengaruhi hasil belajar Peserta Didik.
Adapun jawaban dari masalah yang ingin peneliti ketahui yaitu: Pertama, bagaimana penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash 8 dalam pembelajaran Shalat Jamak dan Qasar Peserta Didik di SMP Negeri 2 Kebomas Gresik? Kedua, bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash 8 terhadap hasil belajar Shalat Jamak dan Qasar Peserta Didik di SMP Negeri 2 Kebomas Gresik?
Jika dilihat dari analisis datanya penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Namun data yang dikumpulkan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII yang menggunakan Macromedia Flash 8 dalam pembelajaran materi Shalat Jamak dan Qasar. Karena subyek penelitian lebih dari 100, maka penulis mengambil 25% sebagai sampel penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket.
Adapun kesimpulan dalam penelitian ini yaitu, pertama, hasil dari perhitungan prosentase yang didapat dari angket adalah 76,571, yang berarti motivasi yang ditimbulkan dari penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash 8 dalam materi Shalat Jamak dan Qasar dinilai “baik”. Kedua, dari pengolahan data dengan uji t dan dibandingkan dengan t tabel pada taraf α = 0,05 dengan dk 34, dapat diartikan bahwa thitung > ttabel (8,021 > 1,690) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, yaitu ada perbedaan yang signifikan antara nilai Peserta Didik sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash 8. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash 8 terhadap hasil belajar Sholat Jamak dan Qasar Peserta Didik di SMPN 2 Kebomas Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ahmad Yusam Thobroni
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wibowo, Falazuardika ImantaraUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Salat
Keywords: Media; Pembelajaran; Macromedia Flash; Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Hanafi
Date Deposited: 12 Nov 2015 01:02
Last Modified: 12 Nov 2015 01:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2662

Actions (login required)

View Item View Item