This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Aviliani, Firly (2018) Strategi komunikasi pemasaran PT. Ojek Syari. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Firly Aviliani_B76214036.pdf Download (2MB) |
Abstract
Fokus masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi komunikasi pemasaran PT. Ojek Syari. Untuk mengungkap permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang berguna mengungkap fakta dan data mengenai strategi komunikasi pemasaran PT. Ojek Syari dengan menggunakan pendekatan manajemen pemasaran. PT. Ojek Syari hadir di latar belakangi banyaknya pelecehan seksual yang terjadi di transportasi umum terhadap perempuan namun berdasarkan survei Kompas.com dan Inside.id tahun 2015, 70% penumpang transportasi umum adalah wanita, namun pada realitasnya ada masalah keamanan yang dihadapi wanita dimana berdasarkan data Komisi Nasional HAM wanita sejak tahun 1998-2011 terjadi 22.284 kasus pelecehan seksual di ruang publik dan transportasi umum di Indonesia, atau dengan kata lain setiap harinya terdapat empat wanita yang menjadi korban pelecehan seksual di transportasi umum dan ruang publik. Dan berdasarkan survei yang dilakukan oleh Thompson Reuters dan YouGov di enam belas negara dengan 6.550 responden 70% wanita pengguna transportasi umum akan merasa lebih aman jika transportasi tidak bercampur dengan pria atau khusus wanita. Dan hingga saat ini, transportasi khusus wanita hanya ada KRL khusus wanita. Hasil penelitian ini adalah pertama, langakah awal PT. Ojek Syari dalam penentuan segmentasi sangat berani mengambil sasaran wanita dan anak-anak yang tidak diambil oleh perusahaan ojek online lainnya hal itu strategi yang sangat bagus apalagi dibungkus dengan basis syar’i hal ini menjadi solusi problem wanita dan anak-anak dalam angkutan umum. Kelemahannya kurang memaksimalkan pola promosi yang canggih, pengelolaan SDM, manajamen yang tertata, mendatangi kerjasama dengan muslimah, dalam segmentasi sudah bagus tapi tidak didukung manjemen yang bagus hasilnya kan biasa tidak viral, jadi strategi komunikasi pemasaran belum bisa dijalankan dengan baik. Kedua bentuk komunikasi pemasaran PT. Ojek Syari adalah melalui media sosial marketing yaitu melalui Instagram, Youtube, Facebook konten isi dari sosial media ini berdasarkan syari’i yaitu lebih mengutamakan aspek Islami Sistem syar’i. Dan juga melalui media TV, radio, cetak. Media yang digunakan PT. Ojek Syari tersebut berbasis Islami. Ketiga dalam PT. Ojek Syari diterapkan sistem syar’i pada pembagian hasil, proses perekrutan, proses promosi, konten sosial media, sampai tata cara berkendara yang syar’i, dan cara berpakaian. Tetapi tidak semua diterapkan dalam seluruh aspek bisninnya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Ilmu Komunikasi | ||||||
Keywords: | Komunikasi Pemasaran, Perencanaan Strategis, Ojek Online. | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi | ||||||
Depositing User: | Aviliani Firly | ||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2018 07:25 | ||||||
Last Modified: | 08 Aug 2018 07:25 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26726 |
Actions (login required)
View Item |