PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI STRATEGI BELAJAR PQ4R SISWA KELAS III MI BAHRUL ULUM SAHLANIYAH KRIAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadilah, Nurul (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI STRATEGI BELAJAR PQ4R SISWA KELAS III MI BAHRUL ULUM SAHLANIYAH KRIAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (317kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas III MI Bahrul Ulum Sahlaniyah Krian menunjukkan hasil belajar yang belum maksimal yaitu beberapa siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) 70, siswa kurang aktif dan bosan dalam pembelajaran, serta rendahnya konsep tentang membaca intensif. Adapun cara untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu menggunakan strategi belajar PQ4R yang akan dilaksanakan peneliti.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana keterampilan membaca siswa kelas III MI Bahrul Ulum Sahlaniyah Krian pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi membaca intensif sebelum menggunakan strategi pembelajaran PQ4R? (2) Bagaimana penerapan strategi belajar PQ4R dalam meningkatkan keterampilan membaca intensif mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas III di MI Bahrul Ulum Sahlaniyah Krian? (3) Bagaimana peningkatan keterampilan membaca intensif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui strategi PQ4R pada siswa kelas III di MI Bahrul Ulum Sahlaniyah Krian?
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif atau kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode penelitian ini terdiri 2 siklus dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan/pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas III MI Bahrul Ulum Sahlaniyah Krian, berjumlah 30 siswa terdiri dari 18 laki-laki dan 12 perempuan. Pengambilan data penelitian menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, serta tes yang berupa tes tulis dalam bentuk uraian dan non tes berupa penilaian produk hasil rangkuman/kesimpulan cerita. Kemudian data diolah melalui rumus prosentase Kriteria Ketuntasan Minimum.
Keterampilan membaca intensif siswa kelas III MI Bahrul Ulum Sahlaniyah Krian sebelum penerapan strategi belajar PQ4R menunjukkan hasil belajar yang belum maksimal yaitu (1) beberapa siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) 70. (2) Siklus I rata-rata aktivitas guru 63 dengan (Baik) dan siklus II rata-rata 87 (Sangat Baik). Aktivitas siswa siklus I mencapai rata-rata 57 (Cukup) dan siklus II rata-rata 86 (Sangat Baik). (3) Hasil keterampilan membaca intensif dengan strategi belajar PQ4R mengalami peningkatan yaitu siklus I memperoleh rata-rata 66,3 (Cukup) dan siklus II rata-rata 90,8 (Sangat Baik). Hasil belajar siswa siklus I mencapai rata-rata 68,4 (Baik) dan siklus II mencapai rata-rata 92,5 (Sangat Baik). Sehingga penerapan strategi belajar PQ4R dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Jauharoti Alfin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadilah, NurulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Keterampilan Membaca Intensif; Bahasa Indonesia; Strategi Belajar PQ4R
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Hanafi
Date Deposited: 31 Dec 2015 07:41
Last Modified: 31 Dec 2015 07:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2676

Actions (login required)

View Item View Item