PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATERI PERISTIWA ISRA’ MI’RAJ MENGUNAKAN STRATEGI TTW (THINK TALK WRITE) PADA SISWA KELAS IV MI DARUL ULUM LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Silvia Nur (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATERI PERISTIWA ISRA’ MI’RAJ MENGUNAKAN STRATEGI TTW (THINK TALK WRITE) PADA SISWA KELAS IV MI DARUL ULUM LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (807kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (734kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (376kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan penelitian menunjukan realita bahwa dalam pembelajaran SKI kelas IV di MI Darul Ulum Sugio Lamongan, guru selalu menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa cenderung tidak semangat belajar dan membuat hasil belajar siswa mernjadi rendah. Berpijak pada latar belakang tersebut memunculkan strategi pembelajaran TTW sebagai salah satu alternatif solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, maka peneliti membentuk rumusan masalah yakni: 1) Bagaimana penerapan strategi TTW (Think- talk- write) pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) meteri peristiwa Isra’ Mi’raj siswa kelas IV MI Darul Ulum Lamongan? 2) Bagaimana peningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi TTW (Think- talk- write) pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) meteri peristiwa Isra’ Mi’raj siswa kelas IV MI Darul Ulum Lamongan?
Strategi pembelajaran TTW merupakan salah satu bagian dari strategi elaborasi yang digunakan untuk membantu siswa mengingat apa yang mereka baca, berkomunikasi degan baik dan dapat membantu proses belajar mengajar di kelas yang dilaksanakan dalam proses membaca buku dan berdiskusi.
Penelitian ini menggunakan model Kurt Lewin yang dalam satu siklus terdiri dari 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan observasi wawancara dokumentasi dan tes.
Strategi yang digunakan berjalan dengan baik dan terdapat peningkatan pada tiap siklusnya. Hal tersebut ditunjukan dengan meningkatnya hasil observasi aktifitas siswa pada siklus I mencapai 68% menjadi 83% pada siklus II. Sedangakan hasil observasi aktifitas guru mencapai 79% menjadi 90% pada siklus II. Selain itu, hasil belajar siswa dari siklus I mencapai angka 72,05 dengan prosentase 60% menjadi 91,9 pada siklus II dengan prosentase 90%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: H. Munawir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Silvia NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Sejarah
Keywords: Hasil Belajar; Strategi Pembelajaran; TTW; Think Talk Write;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Hanafi
Date Deposited: 31 Dec 2015 07:48
Last Modified: 31 Dec 2015 07:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2682

Actions (login required)

View Item View Item