Kemandirian siswa full day school

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Uswatun (2018) Kemandirian siswa full day school. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Uswatun Hasanah_B07212033.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sistem pendidikan full day school bertujuan untuk membentuk kepribadian siswa, membentuk kemandirian siswa, membangun kepercayaan diri siswa, kejujuran siswa, terampil, kreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemandirian siswa Full Day School. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di SD Islam Kyai Ibrahim Surabaya. Sekolah tersebut terletak di Jl. Siwalankerto III/15 Surabaya. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan dua sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa cara pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang mempunyai kemandirian belajar dan kegiatan belajar dilaksanakan atas inisiatif dirinya sendiri. Dalam kehidupan sehari-hari siswa sering berhadapan dengan segala permasalahan yang menuntut dirinya untuk lebih mandiri dan pengambilan keputusan secara bijak. Dalam hal ini sangat dipengaruhi oleh beberapa aspek kemandirian yaitu: aspek emosi, aspek ekonomi, aspek intelektual, aspek sosial. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti terhadap ketiga subyek. Dapat simpulkan bahwa ketiga subyek tersebut mempunyai mandiri secara aspek emosi, ekonomi, intelektual, dan sosial. Dalam aspek emosi, ketiga subyek dapat dikatakan belum mandiri dalam aspek emosi. Selanjutnya dalam aspek ekonomi, ketiga subyek tersebut dapat dikatakan sudah mandiri dalam aspek mandiri. Sedangkan Dalam aspek intelektual, subyek pertama (EE) dan subyek ketiga (NF) itu dapat dikatakan sudah mandiri dalam aspek intelektual, sedangkan RH belum mandiri dalam aspek intelektual. Kemudian dalam aspek sosial, subyek pertama (EE) dan subyek ketiga (NF) itu dapat dikatakan sudah mandiri dalam aspek sosial, sedangkan RH belum mandiri dalam aspek sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Uswatunuswatunhasanah84361@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi > Psikologi Anak
Keywords: kemandirian siswa, full day school
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Hasanah Uswatun
Date Deposited: 10 Aug 2018 03:07
Last Modified: 10 Aug 2018 03:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26936

Actions (login required)

View Item View Item