This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hidayah, Rohmatun (2015) PENINGKATAN PEMAHAMAN SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM POSING MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V MI ISLAMIYAH LAMONGAN. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (720kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (209kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah siswa kurang memahami materi sifat-sifat bangun datar yang disebabkan karena kurangnya latihan dalam menyelesaikan soal-soal, keberanian rendah dan budaya belajar yang masih senang menerima sehingga hasil belajar siswa sangat rendah. Dari 18 siswa, hanya (66,67 %) yang berhasil mencapai KKM 75 sedangkan 6 siswa (33,33 %) masih belum mencapai tingkat keberhasilan. Untuk meningkatkan pemahaman siswa tersebut, peneliti mengambil tindakan pembelajaran melalui pendekatan Problem Posing yang dilakukan dengan dua siklus.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan pendekatan Problem Posing dalam meningkatan pemahaman sifat-sifat bangun datar mata pelajaran matematika siswa kelas V MI Islamiyah Lamongan? (2) Bagaimana peningkatan pemahaman sifat-sifat bangun datar menggunakan pendekatan Problem posing mata pelajaran matematika siswa kelas V MI Islamiyah Lamongan ?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan problem posing dalam meningkatkan pemahaman sifat-sifat bangun datar mata pelajaran matematika di MI Islamiyah Lamongan. (2) Untuk mengetahui bagaimana peningkatan pemahaman sifat-sifat bangun datar menggunakan pendekatan problem posing mata pelajaran matematika siswa kelas V MI Islamiyah Lamongan.Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Model PTK yang digunakan yaitu model kurt lewin, Dimana dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan, meliputi: Perencanaan (planning). Pelaksanaan (Acting), Pengamatan (Observing), dan Refleksi (Reflecting). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Data kualitatif di analisis secara deskriptif dan data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan rumus nilai rata-rata dan presentasi ketuntasan belajar.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1. Penerapan pembelajaran memahami sifat-sifat bangun datar dengan pendekatan Problem Posing berjalan dengan baik melalui perbaikan-perbaikan pada tiap siklus. Dalam PBM aktivitas guru meningkat dari skor perolehan 97,5 pada siklus I, menjadi 100 pada siklus II. Aktivitas siswa visi meningkat dari skor perolehan 89,28 pada siklus I, menjadi 92,85 pada siklus II. Adapun tingkat ketuntasan belajar yang meningkat dari 66,67 % pada siklus I dengan kategori cukup, menjadi 94,44 % pada siklus II dengan kategori sangat tinggi.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Wahyuniati | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika Pengajaran |
||||||
Keywords: | Pembelajaran Matematika | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Aries Hamidah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 11 Nov 2015 04:37 | ||||||
Last Modified: | 11 Nov 2015 04:37 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2695 |
Actions (login required)
View Item |