This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Junaidi, Adi (2015) USAHA-USAHA GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA BIDANG STUDI FIQIH DI SMP WACHID HASYIM 2 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (121kB) | Preview |
Abstract
Adi Junaidi 2014. Usaha-Usaha Guru dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Bidang Studi Fiqih di SMP Wachid Hasyim 2 Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Surabaya. Pembimbing: AlifQudus, NES, Lc, M.HI
Pendidikan agama islam khususnya pada materi fiqih haruslah dapat dengan mudah dimengerti/dipahami dengan cermat dan teliti oleh peserta didik, karena pelajaran fiqihtidak hanya untuk pengetahuan, tetapi juga pelaksanaan di lapangan haruslah sesuai dengan aturan yang berlaku sesuai dengan Al-qur’an dan Sunnah. Oleh karenanya seorang guru khususnya guru mata pelajaran fiqih harus mengetahui cara-cara terbaik dalam melaksanakan proses belajar mengajar agar peserta didiknya tidak Cuma mengetahui akan tetapi juga memahami baik dari segi materi juga pelaksanaanya di kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usaha-usaha guru dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada bidang studi fiqih, serta apa saja factor penghambat dan pendukung pemahaman peserta didik di SMP Wachid Hasyim 2 Surabaya.
Penulisan skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif depkriftif. Pengambilan data adalah dengan mewawancarai guru fiqih guna mendapatkan data-data yang dibutuhkan tentang usaha-usaha apa saja yang dilakukan agar peserta didik lebih cepat dalam memahami pelajaran fiqih. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti, ada beberapa usaha yang dilakukan guru fiqih di SMP Wachid Hasyim 2 Surabaya yakni dengan menyederhanakan materi serta menggunakan metode yang bervariasi dan beberapa strategi diantaranya guru harus menguasai kelas sebelum mulai pelajaran, memastikan peserta didik siap menerima pelajaran, menyajikan materi menjadi menarik, memiliki gaya kepemimpinan serta teladan, member pujian, dan doa. Dari cara-cara yang dilakukan oleh guru fiqih ada pula factor penghambat serta pendukung dalam meningkatkan pemahaman peserta didik di bidang studi fiqih, antara lain: factor penghambat meliputi dalam pembelajaran peserta didik kurang memperhatikan materi pelajaran serta lulusan yang berbeda antara SD dan MI. sedangkan factor pendukung meliputi fasilitas yang cukup memadai, penggunaan metode yang bervariasi, dan ketegasan dan teladan guru
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi |
||||||
Keywords: | Guru; Pemahaman; Bidang Studi Fiqih | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Mr Sulaiman Sulaiman | ||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2015 01:45 | ||||||
Last Modified: | 19 May 2017 02:49 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2702 |
Actions (login required)
View Item |