This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Wardana, Ari Dwi Putra (2018) Sejarah perkembangan STAI Ali bin Abi Thalib Sidotopo, Semampir, Surabaya (1996-2016 M). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Ari Dwi Putrra Wardana_A72214032.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
SSkripsi ini berjudul “Sejarah Perkembangan STAI Ali Bin Abi Thalib Sidotopo, Semampir, Surabaya 1996-2016 M”, Peneliti memberikan batasan permasalahan pada tiga hal, yaitu: (1). Bagaimana sejarah berdirinya STAI Ali Bin Abi Thalib di Surabaya? (2). Bagaimana dinamika perkembangan STAI Ali Bin Thalib di Surabaya pada tahun 2006-2016? (3). Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam perkembangan STAI Ali Bin Abi Thalib Surabaya?. Penulisan skripsi ini disusun dengan menggunakan metode penelitian sejarah, yaitu Heuristik (pengumpulan sumber), Verifikasi (kritik sumber), interpretasi (penafsiran sumber) dan Historiografi (penulisan sejarah). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis perspektif diakronis (mendeskripsikan peristiwa yang terjadi pada masa lampau secara kronologis dalam dimensi waktu). Sedangkan teori yang digunakan untuk menganalisis adalah teori dari ilmu sosiologi, yaitu John Obert Voll; Countinuity and Change, (kesinambungan dan perubahan) dan Arnold J. Toynbee; Challenge and Respons (tantangan dan tanggapan). Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) STAI Ali Bin Abi Thalib berdiri pada tahun 2007 M di wilayah Sidotopo Kidul 51 Surabaya ini berawal dari sebuah lembaga Ma’had Ali Al Irsyad lahir tahun 1996 M didirikan oleh pengurus maktab pemuda periode 1991-1996 M organisasi Al Irsyad Jawa Timur. (2) STAI Ali Bin Abi Thalib mengalami perkembangan dari jumlah sarana dan prasarana periode pertama sekitar 10 ruang sampai sekarang mencapai 18 ruang. Para pengajar STAI Ali Bin Abi Thalib seiring berjalannya waktu mengalami peningkatan kualitas yaitu 7 orang lulusan Pasca Sarjana maupun Magister. (3) faktor pendukung dan penghambat STAI Ali Bin Abi Thalib terbagi dalam dua faktor, yakni faktor internal yang berasal dari dalam STAI Ali Bin Abi Thalib dan faktor eksternal yang berasal dari luar STAI Ali Bin Abi Thalib. Faktor pendukung STAI Ali Bin Abi Thalib yaitu adanya sarana dan prasarana yang memadai, organisasi internal mahasiswa STAI Ali Bin Abi Thalib, Tenaga pengajar yang berkualittas, alumni-alumni yang ikut andil, kerjasama dengan lembaga-lembaga dalam negeri maupun luar negeri. Sedangkan, faktor penghambat STAI Ali Bin Abi Thalib yaitu adanya kurangnya tenaga pengajar lulusan Pasca Sarjana maupun Magister, kurangnya lahan, lingkungan yang kurang mendukung.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Aqidah Aqidah Wajib Belajar > Aqidah Bahasa Arab Belajar Dakwah Islam dan Ilmu Pengetahuan Manajemen Pendidikan Pendidikan Islam Agama dan Ilmu Pengetahuan |
||||||
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam | ||||||
Depositing User: | Wardana Ari Dwi Putra | ||||||
Date Deposited: | 10 Aug 2018 02:26 | ||||||
Last Modified: | 10 Aug 2018 02:26 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27027 |
Actions (login required)
View Item |