مقارنة الصور البديعية بين خطبتي طارق بن زياد و واصل بن عطاء

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputra, Wachid Himawan (2018) مقارنة الصور البديعية بين خطبتي طارق بن زياد و واصل بن عطاء. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wachid Himawan Saputra_A01211026.pdf

Download (4MB)

Abstract

Balaghah menurut bahasa adalah sampai, sedangkan menurut istilah adalah sifat bagi perkataan dan bagi pembicara. Ilmu Badi’ adalah salah satu cabang dari ilmu balaghah. Ilmu badi’ membahas tentang keindahan – keindahan lafadz dan makna yang terkandung dalam sebuah kalam bahasa arab. Ilmu badi’ mempunyai dua cabang yaitu keindahan lafadz (al-Muhasinatul al-Lafdziyah) dan keindahan makna (al-Muhasinatul al-Maknawiyah). Thariq bin Ziyad adalah seorang panglima perang dalam penaklukan Andalus yang terkenal dengan semangatnya dalam berpidato di depan pasukannya. Sedangkan Wasil bin Atha’ adalah salah seorang sastrawan pelopor aliran Mu’tazilah yang tidak baik dalam melafalkan huruf ra’ ( ر ). Kedua tokoh ini memiliki karakteristik yang berbeda dalam khutbahnya dari segi Ilmu Badi’. Adapun masalah yang diteliti adalah (i) apa saja segi persamaan dan perbedaan dari segi Thibaq terkandung antara khutbah Thariq bin Ziyad dan Wasil bin Atha’, (ii) apa saja segi persamaan dan perbedaan dari segi Muqabalah terkandung antara khutbah Thariq bin Ziyad dan Wasil bin Atha’, (iii) apa saja segi persamaan dan perbedaan dari segi Saja’ terkandung antara khutbah Thariq bin Ziyad dan Wasil bin Atha’, (iv) apa saja segi persamaan dan perbedaan dari segi Iqtibas terkandung antara khutbah Thariq bin Ziyad dan Wasil bin Atha’, dan (v) apa saja segi persamaan dan perbedaan dari segi Jinaz terkandung antara khutbah Thariq bin Ziyad dan Wasil bin Atha’. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persamaan dan perbedaan gaya bahasa kedua khutbah dari segi Ilmu Badi’ melalui metode kualitatif deskriptif. Temuan hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: i. Terdapat persamaan dari segi Thibaq dalam kedua khutbah yaitu dalam kedua khutbah sama-sama menggunakan Thibaq Ijabi dalam lafadz khubah keduanya, dan perbedaan dari kedua khutbah dari segi Thibaq adalah jumlah Thibaq dalam khutbah Wasil bin Atha’ lebih bervariasi. ii. Muqabalah yang terdapat dalam kedua khutbah memiliki persamaan dalam jumlah yaitu satu jenis Muqbalah. Dan terdapat perbedaan Thibaq dalam khutbah Thariq dari segi perubahan kata yang diubah dari bentuk mufrad ke jamak, dan Thibaq dalam khutbah Wasil benar-benar serupa dalam lafadz dan berbeda dari segi makna. iii. Sajak yang terkandung dalam Khubah Taqriq bin Ziyad sama dengan Sajak dalam khutbah Wasil yang menggunakan Sajak Mutarraf. Akan tetapi Sajak dalam khutbah Wasil juga mengandung Sajak Murasa’ dan Sajak Mutawazi. iv. Kedua khutbah ditemukan Iqtibas dari Al-Quran dan tidak ada perubahan lafadz dari keduanya, akan tetapi Iqtibas dalam Khutbah Wasil lebih banyak dan ada satu lafadz dengan sedikit perubahan yang digunakan dalam khutbah Wasil. v. Jinas yang terkandung dalam kedua khutbah sama-sama menggunakan Jinas Ghairu Tam. Dan Jinas yang ditemukan penulis dalam khutbah Wasil bin Atha’ lebih banyak jumlahnya disbanding Khubah Thariq bin Ziyad. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ilmu badi’ dalam khutbah Wasil bin Atha’ lebih variatif dan lebih banyak dibandingkan khutbah Thariq bin Ziyad seperti yang telah dijelaskan di atas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputra, Wachid Himawanwahidhimawan45@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Cabang ilmu Balaghah; bentuk Ilmu Badi; Khubah Thariq bin Ziyad; Wasil bin Atha’
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Saputra Wachid Himawan
Date Deposited: 21 Mar 2019 03:32
Last Modified: 21 Mar 2019 05:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27165

Actions (login required)

View Item View Item