This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nahdiyah, Faridatun (2018) فعالية تطبيق الطريقة (أوكار) في تعليم اللغة العربية لترقية مهارة القراءة و الكلام للطلاب في مدرسة بيت المتقين المتوسطة الإسلامية كدونغادم بوجونجارا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Faridatun Nahdiyah_D72214025.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran bahasa arab di Mts Baitul Muttaqin Kedungadem Bojonegoro dilatar belakangi oleh lemahnya kemampuan membaca dan berbicara. Diantaranya masalah-masalah menyebabkan kemampuan membaca dan berbicara antara lain: pada realitanya mereka kurang memahami mufrodat dan mereka kesulitan dalam memahami teks, dan menemukan kata kunci. Dam mereka memutuhkan metode pembelajaran yang bervariasi untuk mengurangi permasalahan dan membantunya pada kemampuan membaca dan berbicara, maka peneliti menerapkan metode OK4R untuk meningkatkan kemampuan membaca dan berbicara di Mts Baitul Muttaqin Kedungadem Bojonegoro. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kemampuan maharah membaa dan berbicara di Mts Baitul Muttaqin Kedungadem Bojonegoro. 2) untuk mengetahui penerapan metode OK4R dalam kemampuan membaca dan berbicara di Mts Baitul Muttaqin 3) untuk mengetahui efektifitas penerapan metode OK4Rdalam kemampuan membaca dan berbicara di Mts Baitul Muttaqin Kdungadem Bojonegoro. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan meode kuantitatif dengan menggunakan :t” tes. Adapun muntetode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan analisis data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikasi perbedaan tingkat pencapaian maharah qiro’ah dan kalam siswa sebelum dan sesudahpenerapan metode OK4R dalam pembelajaran bahasa arab pada siswa kelas VIII-B yang terdiri dari 2 kelas. Sedangkan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling, sampel penelitian sebanyak 35 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitaian ekperimen, yaitu mencari adanya hubungan variable x terhadap variable y, adapun hasil yang didadapt adalah T hitung lebih besar dari T table dengan nilai positif -10,77 .Maka menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Begitu juga dengan signifikan probalitas data lebih kecil dari derajat alfa (kesalahan) yaitu 0,00<0.05 maka H0 diterima dan Ha diterima. Dengan demikian penerapan metode OK4R dalam pembelajaran bahasa arab pada maharah qiroah dan kalam di Mts Baitul Muttaqin Bojonegoro
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran | ||||||
Keywords: | Metode OK4R; Pembelajaran Bahasa Arab | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Nahdiyah Faridatun | ||||||
Date Deposited: | 13 Aug 2018 02:32 | ||||||
Last Modified: | 13 Aug 2018 02:32 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27180 |
Actions (login required)
View Item |