Analisis penerapan strategi pembelajaran building learning power (BLP) untuk menumbuhkan nilai karakter siswa dalam pembelajaran matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurhidayah, Nuning (2018) Analisis penerapan strategi pembelajaran building learning power (BLP) untuk menumbuhkan nilai karakter siswa dalam pembelajaran matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nuning Nurhidayah_D94214107.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembentukan karakter peserta didik dapat diintegrasikan kedalam proses pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran yang tepat dan dilakukan secara inklusif pada semua mata pelajaran, termasuk pembelajaran matematika yang harusnya tidak sebatas aspek kognitif saja tetapi juga perlu penanaman nilai. Strategi pembelajaran Building Learning Power (BLP) adalah sebuah konsep membangun kapasitas belajar peserta didik agar mampu belajar setiap saat. Salah satu sekolah yang menerapkan strategi pembelajaran Building Learning Power (BLP) adalah SMP Insan Cendekia Mandiri (Boarding School) Sidoarjo. Penulis tertarik melakukan penelitian di sekolah tersebut dengan tujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan sistem evaluasi strategi pembelajaran Building Learning Power (BLP) dalam menumbuhkan nilai karakter siswa dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode wawancara, studi dokumentasi, observasi dan respon siswa dalam pengumpulan datanya. Untuk analisis data mengikuti konsep Miles dan Huberman, sedangkan penilaian menggunakan format check list dengan skala persentase. Data penelitian strategi pembelajaran Building Learning Power di SMP Insan Cendekia Mandiri (Boarding School) dianalisis secara deskriptif dengan hasil sebagai berikut: perencanaan pembelajaran telah baik dengan persentase 89%, pelaksanaan pembelajaran telah baik dengan persentase 91%, penilaian pembelajaran telah baik dengan persentase 80%, serta respon siswa terhadap pembelajaran matematika berbasis Building Learning Power dikatakan positif karena menunjukkan persentase jawaban peserta didik pada setiap aspek pertanyaan berada ≥65%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurhidayah, Nuningnuning.nurhidayah09@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Matematika
Keywords: Analisis, Building Learning Power (BLP), nilai karakter.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurhidayah Nuning
Date Deposited: 14 Aug 2018 02:12
Last Modified: 14 Aug 2018 02:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27326

Actions (login required)

View Item View Item