This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Toyyibah, Asrotut (2018) Perbedaan kemampuan berpikir Reflektif Matematis siswa setelah diterapkan strategi pemecahan masalah CUBES, STAR, dan RAVE CCC. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Asrotut Toyyibah_D94214094.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa setelah diterapkan stategi pemecahan masalah CUBES; (2) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa setelah diterapkan stategi pemecahan masalah STAR; (3) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa setelah diterapkan stategi pemecahan masalah RAVE CCC; (4) untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa antara siswa yang diajar strategi pemecahan masalah CUBES, STAR, dan RAVE CCC. Penelitian yang menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain posttest three experimental group design ini melibatkan 74 siswa sebagai sampel. Teknik cluster random sampling digunakan untuk mengambil sampel sebanyak tiga dari empat kelas. Kelas A sebagai kelas ekperimen CUBES, kelas B sebagai kelas eksperimen STAR, dan kelas D sebagai kelas eksperimen RAVE CCC. Setelah 2 kali proses treatment, masing-masing kelas diberikan tes akhir (posttest) untuk mengukur kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh: (1) kemampuan berpikir reflektif matematis siswa setelah diterapkan strategi pemecahan masalah CUBES diperoleh rata-rata skor tes sebesar 22,423 dengan standar deviasi sebesar 3,11; (2) kemampuan berpikir reflektif matematis siswa setelah diterapkan strategi pemecahan masalah STAR diperoleh rata-rata skor tes sebesar 22,347 dengan standar deviasi sebesar 2,534; (3) kemampuan berpikir reflektif matematis siswa setelah diterapkan strategi pemecahan masalah RAVE CCC diperoleh rata-rata skor tes sebesar 22,600 dengan standar deviasi sebesar 2,25; (4) tidak ada perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa antara kelompok kelas CUBES, STAR, ataupun RAVE CCC. Atau dengan kata lain H_0 yang diajukan dengan pernyataan tidak ada perbedaan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa setelah diterapkan strategi pemecahan masalah CUBES, STAR, dan RAVE CCC diterima.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||
Keywords: | Berpikir Reflektif; CUBES; STAR; RAVE CCC | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Toyyibah Asrotut | ||||||
Date Deposited: | 14 Aug 2018 01:44 | ||||||
Last Modified: | 14 Aug 2018 01:44 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27344 |
Actions (login required)
View Item |