This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mariyam, Siti (2015) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN PENERIMAAN TEMAN SEBAYA PADA SISWA KELAS VII DI MTs.NYAI H ASHFIYAH SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (8MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (530kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (489kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (850kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (226kB) | Preview |
Abstract
Siti Mariyam, NIM. D03211031. Hubungan Antara Kemampuan Interaksi Sosial Dengan Penerimaan Teman Sebaya Pada Siswa Kelas VII Di Mts. Nyai H Ahfiyah Surabaya. Skripsi Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya.
Sebagai makhluk sosial, manusia dituntut untuk melakukan interaksi dengan lingkungannya dalam rangka memenuhi kebutuhannya, baik itu berhubungan dengan individu maupun kelompok. Begitu juga dengan siswa kelas VII diusia remaja yang melakukan interaksi sosial di lingkungan sekolah, Salah satu tugas perkembangan sosial remaja adalah membina hubungan sosial dengan teman sebaya. Pada usia remaja sering terjadi penolakan atau penerimaan pertemanan remaja, dimana hal ini berpengaruh besar terhadap perkembangan kehidupan sosial remaja itu sendiri. Remaja yang telah menjalankan tugas perkembangannya dengan baik mampu berinteraksi dengan teman sebayanya dan diterima dalam kelompok pertemanan. Dari hal tersebut peneliti ingin mengetahui apakah ada hubungan antara kemampuan interaksi sosial dengan penerimaan teman sebaya pada siswa kelas VII di MTs Nyai H.Ashfiyah Surabaya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara kemampuan interaksi sosial dengan penerimaan teman sebaya pada siswa kelas VII di MTs. Nyai H Ashfiyah Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode pengumpulan datanya menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan studi populasi yaitu sebanyak 88 siswa yang dijadikan responden.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan interaksi sosial pada siswa kelas VII yang dikategorikan baik, dengan perolehan prosentase sebesar 79,03%. Begitu juga dengan penerimaan teman sebaya pada siswa kelas VII yang berada dalam kategori sedang, dengan perolehan prosentase sebesar 74,78%. Hasil penelitian juga menyatakan bahwa adanya korelasi positif antara kemampuan interaksi sosial dengan penerimaan teman sebaya pada siswa kelas VII di MTs. Nyai H Ashfiyah Surabaya yang dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi product moment sebesar 0,318 dengan nilai signifikansi 0,003, yang berarti kurang dari 0,05 dan dapat disimpulkan bahwa diterimanya Ha dan tolak Ho. Kesimpulannya yaitu terdapat hubungan antara kemampuan interaksi sosial dengan penerimaan teman sebaya pada siswa kelas VII di MTs. Nyai H Ashfiyah Surabaya.
Kata Kunci :Kemampuan Interaksi Sosial, Penerimaan Teman Sebaya
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem |
||||||
Keywords: | Hubungan; Interaksi Sosial; Teman sebaya | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Mr. Hanafi | ||||||
Date Deposited: | 22 Jan 2016 04:37 | ||||||
Last Modified: | 22 Jan 2016 04:37 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2748 |
Actions (login required)
View Item |