PENINGKATAN KOMPETENSI MENGHAFAL NAMA-NAMA RASUL MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK KELAS IV MI MIFTAHUL ULUM PADEMAWU PAMEKASAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadilah, Khamisatul (2015) PENINGKATAN KOMPETENSI MENGHAFAL NAMA-NAMA RASUL MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK KELAS IV MI MIFTAHUL ULUM PADEMAWU PAMEKASAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetensi siswa dalam menghafal nama-nama Rasul Rasul bagi anak kelas IV MI. Disinyalir hal demikian terjadi karena metode yang kurang tepat. Maka, dipilihlah metode bernyanyi untuk menyelesaikan permasalahan ini. Oleh karena itu, Peneliti menggunakan metode bernyanyi.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan hasil belajar nama-nama Rasul pada siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Pademawu Pamekasan 2) mengetahui bagaimana peningkatan kompetensi menghafal nama-nama Rasul melalui metode bernyanyi pada anak kelas IV MI Miftahul Ulum Pademawu Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan desain PTK yang terperinci dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Siklus I terdiri dari satu pertemuan dan siklus II juga satu pertemuan. Subyek penelitian adalah sejumlah populasi 23 siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Pademawu Pamekasan.
Berdasarkan hasil tes formatif pada tahap pra siklus ada beberapa siswa yang belum memenuhi skala subyektif 80 %. Selanjutnya siswa diajar dengan menggunakan metode bernyanyi sehingga skor prosentase rata-rata siswa di setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus pertama nilai rata-rata post test adalah 72 adapun nilai rata-rata post test pada siklus kedua adalah 81. Maka, penelitian ini dicukupkan pada siklus kedua karena keterbatasan waktu bagi peneliti dan hasil post test pada siklus kedua sudah mencapai keberhasilan dengan kategori “Cukup Tinggi”. Dikatakan demikian karena sudah sesuai dengan standar KKM yaitu 80.
Penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan hasil belajar nama-nama Rasul pada siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Pademawu Pamekasan dilakukan dengan cara memilih lagu yang diisi dengan lirik 25 Nabi Rasul oleh Guru, kemudian ditirukan oleh murid untuk selanjutnya dinyanyikan baik secara individu maupun kelompok. Hal tersebut dilakukan berulang-ulang sehingga para siswa mampu menyanyikannya dengan baik.

Kata kunci: Metode, Bernyanyi, Menghafal, Hasil Belajar, Akidah Akhlak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadilah, KhamisatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Kompetensi menghafal; Nama nama rasul; Metode Bernyanyi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Hanafi
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:46
Last Modified: 22 Jan 2016 04:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2757

Actions (login required)

View Item View Item