This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Wijayanti, Nofiyah (2009) Efektifitas penerapan metode image streaming dalam meningkatkan prestasi belajar aqidah akhlak siswa kelas XII SMA Islam Parlaungan Berbek Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Nofiyah Wijayanti_D01205223.pdf Download (3MB) |
Abstract
Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004 yang disempumakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006, setiap individu memiliki potensi yang harus di kembangkan. Maka proses pembelajaran yang relevan ialah yang mampu menggali potensi anak didik agar selalu kreatif dan berkembang. Upaya inilah yang senantiasa diupayakan oleh Tim Guru Aqidah Akhlaq SMA Islam Parlaungan Berbek waru Sidoarjo, terbukti sejak awal tahun 2008 Ialu, mulai menerapkan berbagai metode pembelajaran baru, termasuk metode yang berbasis (contextual teaching-learning). Tetapi untuk pembelajaran yang dipercepat (accelerated learning) atau pembelajaran berbasis siswa aktif (active learning) belum diterapkan secara maksimal. Metode Image Streami11g merupakan salah satu metode yang didasarkan pada metode CTL yang telah disesuaikan dengan kondisi lingkungan bclajar siswa dan menggabungkannya dengan berbagai pengetahuan, metode dan teknik lain yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran. Metode inilah yang selanjutnya akan penyusun teliti dalam skripsinya yang berjudul "Efektifitas penerapan Metode Image Streaminge dalam meningkatkan prestasi belajar Aqidah akhlaq siswa kelas XII SMA. Islam Parlaungan Berbek Waru Sidoarjo". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektfitas metode Image Streaming dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XII kelompok eksperimen (kelompok yang menggunakan Metode Image streaming dalam pembelajaran Aqidah Akhlaq) dengan siswa kelompok kontrol (kelompok yang tidak menggunakan metode Image Streaming dalam pembelajaran Aqidah akhlaq) SMA. Islam Parlaungan Berbek Waru Sidoarjo. Dengan populasi sebanyak 247 siswa yang terdiri dari delapan kelas (X1-X1) Sedang sampel yang digunakan adalah Teknik sampling Non Probabilitas Type Purposive Sampling yaitu pengambilan sampel dengan cara mengambil subyek bukan didasarkan pada strata, random atau daerah, melainkan didasarkan atas adanya tujuan tertentu. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas Xu lpa-2 c32 siswa) sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas Xu IPs c32 siswa) sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode Uji Coba,Wawancara, Dokumentasi, Angket dan Tes. Untuk menguji keampuhan Instrumen dilakukan dengan Uji Validitas dan Realibilitas dan Teknik Doeble Test Double Trial Method yang kemudian dilanjutkan dengan analisis Statistik Uji "t" (Rumus Fisher) untuk menganalisa data tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara peningkatan prestasi belajar siswa kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata kelompok Eksperimen dari 6,5 (Pre Test) menjadi 8,4(Post Test) dan kelompok kontrol dari 6,4 (Pre Test) menjadi 7,0 (Post Test). Ini menunjukkan tingkat signifikansi sebesar 1,3. Dalam hasil perhitungan Uji t diperoleh to sebesar 6,140. Angka ini jauh lebih besar dibanding tt pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,00 dan taraf signifikansi 1% yaitu 2,65 (2,00 < 6,140 > 2,65).Dengan demikian dapat disimpulkun bahwa penerapan metode/mag stream/11g cukup efektif dalam mcningkatkan prestasi belajar Aqidah akhlaq siswa kelas XII SMA Islam Parlaungan Berbek Waru sidoarjo. Dikarenakan keterbatasan peneliti, maka diperlukan pengkajian lebih lanjut oleh peneliti-peneliti lain, terutama mengenai varias-variasi baru metode pembelajaran aqidah akhlak.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Aqidah Aqidah Wajib Belajar > Aqidah Pendidikan > Prestasi Belajar Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Metode image streaming; prestasi belajar; aqidah akhlak siswa | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : samid library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 13 Sep 2018 08:46 | ||||||
Last Modified: | 13 Sep 2018 08:46 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27982 |
Actions (login required)
View Item |