This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Asmawan, Asmawan (2009) Upaya guru dalam meningkatkan minat siswa belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs. Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Asmawan_D51206204.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang sering kali muncul dalam pengajaran Pendidikan Agama Islam di lembaga formal baik sekolah maupun maclrasah adalah timbulnya kejenuhan yang mengakibatkan rendahnya minat anak didik. Kejenuhan serta rendahnya minat untuk mempelajari Pendidikan Agama Islam nampaknya juga terjadi di madrasah madt-asah yang berada di lingkungan pesantren, tampa terkecuali Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Syafi'iyah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berada dibawah naungan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo. Adanya pemahaman bahwa Pendidikan Agama Islam hanyalah pendidikan yang berorientasi pada akhirat semata disinyalir menjadi pemicu utama rendahnya minat siswa. Selebihnya, rendahnya minat siswa diakibatkan oleh karena pengaruh sistem sebagaimana yang terjadi di MTs Salafiy&h Syafi'iyah. Fokus penelitian ihl adalah akan mengungkap tentang upaya apa saja yang dilakukan guru dalam meningkatkan minat siswa belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Syafi'iyah Sukrejo Situbondo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam mengumpulan data, penelitian ini menggunakan teknik observasi, interview, dan dokumentasi. Data yang terkumpul diperiksa validitas dan realiabilitasnya dengan pengecekan kredibilitas data yang dilakukan denga:n triangulasi baik triangulasi metode maupun sumber. Setelah itu, dianalisis dengan rraenggunakan reduksi data, pei:iyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari basil temuan penelitian, analisa data dan pembahasan dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa upaya guru dalam meningkatkan minat siswa belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Salafiyah Syafi'iyah adalah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan strategi atau pendekatan pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, memusatkan perhatian dan membangkitkan motivasi siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar | ||||||
Keywords: | Upaya guru; minat belajar; siswa | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 13 Sep 2018 08:33 | ||||||
Last Modified: | 13 Sep 2018 08:33 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27984 |
Actions (login required)
View Item |