KONTRIBUSI PESERTA DIDIK DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH ADIWIYATA : STUDI KASUS PADA SMP NEGERI 4 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Junady, Ahmad (2015) KONTRIBUSI PESERTA DIDIK DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH ADIWIYATA : STUDI KASUS PADA SMP NEGERI 4 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Bencana banjir, kebakaran hutan, sampah, dan abrasi secara rutin menjadi berita utama. Bencana tersebut terjadi akibat ulah sekelompok manusia yang kurang sadar akan pentingnya lingkungan. Oleh sebab itu, pemerintah berupaya memberikan penyadaran melalui penerapan pendidikan lingkungan hidup dalam bentuk program Adiwiyata. Salah satu sekolah yang sudah menerapkan program tersebut dengan benar dan berhasil meraih predikat Adiwiyata mandiri adalah SMP Negeri 4 Surabaya.
Tujuan penelitian ini untuk memaparkan berbagai aspek mengenai sekolah Adiwiyata meliputi: 1). Konsep dasar. 2). Implementasi. 3). Kontribusi peserta didik dalam mewujudkan sekolah Adiwiyata di SMP Negeri 4 Surabaya. Untuk menjawab permasalah tersebut, Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendektan studi kasus. Data yang diambil bersumber dari data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP Negeri 4 Surabaya dalam mengembangkan sekolah Adiwiyata dinilai sukses dan berhasil berkat kerja kolektif seluruh warga sekolah khususnya peserta didik yang berkontribusi dominan baik materi, ide dan pikiran terhadap perencanaan dan pelaksanaan berbagai program berbasis lingkungan di sekolah dan di masyarakat. Keberhasilan tersebut dapat diamati dari penghargaan yang telah diraih dan produk unggulan seperti sirup, pupuk, naged dan lain sebagainya yang diproduksi secara mandiri oleh warga sekolah dan dipasarkan pada acara – acara tertentu (Pemberian Rapot, Car Free Day dan lain – lain)

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Abd. Haris
Creators:
CreatorsEmailNIM
Junady, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Keywords: Peserta Didik; Sekolah; Adiwiyata
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2015 09:08
Last Modified: 18 Nov 2015 09:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2805

Actions (login required)

View Item View Item