Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terbadap kecepatan pemahaman siswa bidang studi pendidikan agama Islam di SMPN 1 Kanor Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indasah, Siti Kurnia (2009) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terbadap kecepatan pemahaman siswa bidang studi pendidikan agama Islam di SMPN 1 Kanor Bojonegoro. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Kurnia Indasah_D31205056.pdf

Download (718kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi yang berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Macth Terhadap kecepatan Pemahaman siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Kanor Bojonegoro" adalah :(1) Bagaimana penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe make a match di SMPN 1 Kanor; (2) Bagaimana Kecepatan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMPN 1 Kanor; (3) Apakah ada pengaruh setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe "make a match" pada kecepatan pemahaman siswa bidang study Pendidikan Agama Islam SMPN 1 Kanor. Penelitian ini dilaksanakan terhadap 40 siswa kelas VIII H sebagai eksperime adapun hipotesis yang diuji adalah "apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe "Make a Match" terhadap pencepatan pemahaman siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kanor". Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi:(1) Observasi untuk memperoleh data tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe "Make a Match"; (2) Angket untuk memperoleh data tentang penerapan pembelajaran "Make a Match" dan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan;(3) Interview clan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data gambaran umum obyek penelitian. analisis yang digunakan adalah : (1) Analisis deskriptif dan pemahaman siswa;(2) Analisis dengan menggunakan uji regresi linier pengaruh pembelajaran kooperatif 'Make a Match" terhadap kecepatan pemahaman siswa di SMP Negeri 1 Kanor Bojonegoro. Berdasarkan masalah tersebut di atas dan setelah dianalisa dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran "Make a Match" adalah ba.ik; (2) kecepatan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong cukup; (3) pengaruh pembelajaran kooperatif tipe "Make a Match" terhadap kecepatan pemahaman siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kanor, berdasarkan analisis diperoleh terhitung = 0,92 dengan jumlah responden 40 sedangkan rtabe1 pada taraf signifikansi 5% adalah 0,32. Jadi t hitung lebih besar daripada ftabel berarti hipotesis altematif (Ha) yg berbunyi adanya pengaruh model pembelajaran "Make a Match" terhadap kecepatan pemahaman siswa bidang Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kanor Bojonegoro diterima Sedangkan hipotesis (Ho) ditolak kemudian pengaruh model pembelajaran "Make a Match" terhadap kecepatan pemahaman siswa bidang study Pendidikan Agama Islam adalah "cukup tinggi", hat ini berdasarkan tabel interpretasi nilai "r" di mana dinlai rhitung 0 92 berada di antara 0,90-1,00 yang berarti korelasinya sangat tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indasah, Siti KurniaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kecerdasan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Model pembelajaran kooperatif; tipe make a match; kecepatan pemahaman siswa; bidang studi pendidikan agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Oct 2018 02:48
Last Modified: 04 Oct 2018 02:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28059

Actions (login required)

View Item View Item