This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nisa', Hanif Ma'rifatun (2009) Fungsi Sistem Kredit Semester (SKS) pada pembelajaran pendidikan agama Islam: studi kasus di SMA Negeri I Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Hanif Ma'rifatun Nisa'_D01304135.pdf Download (658kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif untuk menjawab pertanyaan: 1) Bagaimanakah konsep Sistem Kredit Seiµester (SKS) di SMA Negeri I Surabaya, 2) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA Negeri I Surabaya, 3) Sejauh mana fungsi Sistem Kredit Semester (SKS) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri I Surabaya. SUDtber infonnasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah SMA NEGERI I Surabaya, WAKA kurikulum, Guru bidang mata pelajaran Pendidikan Agama ISLAM, dan siswa kelas X. Metode yang digunakan pada penelitian inimenggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, tehnik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Hasil analisis deskriptif dapat terungkap bahwa: I) Konsep Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA Negeri I Surabaya merupakan sistem pengelolaan pembelajaran dimana beban belajar siswa dan beban kerja tenaga pengajar clinyatakan dalam bentuk satuan kredit semester (sks) yang bertujuan untuk memberi kesempatan kepada siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan kurikulum sesuai dengan kemampuan atau kecakapan clari masing-masing siswa. 2) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan Sistem K.redit Semester (SKS) di SMA Negeri I Surabaya mencakup kurikulum Pendidikan Agama Islam, metodologi Pendidikan Agama Islam, dan evaluasi Pendidikan Agama Islam. Sedangkan inti pokok materi Pendidikan Agama Islam adalah materi Aqidah, materi Syariah, dan materi Akhlak. 3) Fungsi Sistem Kredit Semester (SKS) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam ini dapat menunjang dalam proses percepatan belajar siswa dan siswa dapat menyelesaikan studinya dengan cepat. Hal ini sudah dapat dilihat dari program-program yang telah ditawarkan clari pihak sekolah dan dapat dilihat dari basil nilai raport siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Sistem Kredit Semester (SKS); pembelajaran; pendidikan agama Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : samid library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 12 Oct 2018 02:35 | ||||||
Last Modified: | 12 Oct 2018 02:35 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28122 |
Actions (login required)
View Item |