This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Adriani, Siti Kamiliyah (2011) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model integrated learning berbasis pemecahan masalah pada sub pokok bahasan logika matematika di kelas X-b SMA Darul-Hikmah Bangkalan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Siti Kamiliyah Adriani_D34207002.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Motivasi para siswa di Pondok Pesantren Darul-Hikmah untuk belajar matematika masih sangat rendah. Para siswa lebih menyukai pelajaran agama daripada pelajaran matematika. Karena itu peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian tentang pengembangan perangkat pembelajaran matematika model Integrated Learning berbasis pemecahan masalah pada sub pokok bahasan logika matematika di kelas X-b SMA Darul-Hikmah Bangkalan. Dalam penelitian ini akan dikembangkan sebuah perangkat pembelajaran yang mengintegrasikan matematika dengan ilmu agama agar para santri tennotivasi unruk belajar matematika. Materi yang akan di integrasikan dalam penelitian ini adalah penarikan kesimpulan-pada logika matematika dan qiyas pada ilmu mantiq. Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model 4D Thiagarajan yang dimodifikasi menjadi 3D, yaitu: Define, Design, dan Development. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi. RPP, buku siswa, dan LKS. lnstrumen penelitian ini adalah lembar validasi perangkat pemebelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, lembar keterlaksanaan sintaks pembelajaran, lembar angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Setelah data dianalisa secara deskriptif, maka diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: Nilai kevalidan RPP sebesar 4,37, yang berarti sangat valid, nilai kevalidan buku siswa sebesar 4,16, yang berarti sangat valid, dan kevalidan LKS sebesar 4,25, yang berarti sangat valid. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria keefektifan yang meliputi: Aktivitas siswa efektif karena aktifitas siswa aktif sebanyak 91,7% lebih besar daripada aktifitas siswa pasif sebanyak 8,3%. Respon siswa efektif karena lebih dari 70% siswa memberikan respon positif. Sintaks pembelajaran efektif karena keterlaksanaan mencapai 100% dengan nilai rata-rata 3,85 yang berarti setiap langkah dalam RPP telah terlaksana dengan baik. Hasil belajar siswa efektif, karena telah memenuhi kriteria ketuntasan individual dan klasikal, yaitu lebih besar dari 75% siswa tuntas dalam pembelajaran
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Pembelajaran matematika; model integrated learning; pemecahan masalah; logika matematika | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor : samid library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 15 Oct 2018 02:33 | ||||||
Last Modified: | 15 Oct 2018 02:33 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28134 |
Actions (login required)
View Item |