Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi Matematika siswa pada materi Bangun Datar di Kelas VII MTs. Nurul Huda Kalanganyar Sedati Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istianatin, Istianatin (2010) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi Matematika siswa pada materi Bangun Datar di Kelas VII MTs. Nurul Huda Kalanganyar Sedati Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Istianatin_D04206059.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28211

Abstract

Komunikasi matematika merupakan kemampuan menghubungkan benda nyata, gambar, dan diagram ke dalam ide matematika; menjelaskan ide-ide matematika secara lisan atau tulisan. Komunikasi dalam matematika perlu bagi guru dan siswa dalam pembelajaran, pemahaman dan penyelesaian matematika, karena dengan berkomunikasi matematika guru dan siswa dapat lebih muda untuk mempelajari matematika berdasarkan hal tersebut kemampuan komunikasi matematika merupakan salah satu kemampuan yang harus ditingkatkan dalam kegiatan pembelajaran matematika di sekolah, salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooeratif tipe Numbered Head Together (NHT) karena lebih menekankan pada struktur yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Siswa dituntut untuk bekerja sating membantu dalam kelompok kecil NHT juga melibatkan lebih banyak siswa dalam menelaah materi ataupun atau soal yang telah diberikan guru dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran atau soal tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ( 1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), (2) aktivitas siswa selama proses pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), (3) respon siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), (4) peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-B MTs. Nurul Huda Kalanganyar Sedati Sidoarjo selama 4 kali pertemuan, penelitian yang dilakukan menggunakan deskriptif kualitatif, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode angket dan metode tes. Metode observasi digunakan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa. Metode angket digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran, metode tes digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika. Metode tes yang digunakan berupa tes awal dan tes akhir, perlakuan yang diberikan berupa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Untuk menganalisis data berupa tes awal dan tes akhir digunakan kartu penilaian tes kemampuan komunkasi matematika. Penelitian ini membuktikan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif tipe NHT pada kategori "baik" dengan rata-rata 3.37. sedangkan aktivitas siswa pada pembelajaran kooperatif tipe NHT tergolong "aktif ' hal ini dapat dilihat dari jumlah rata-rata aktivitas aktif siswa sebesar 62.53% dan jumlah rata-rata aktivitas tidak aktif sebesar 37.51%. untuk respon siswa terhadap model pembelajaran adalah "positif ' hal ini dapat diketahui dari jumlah posentase jawaban "ya" sebesar 81.20% dan jumlah prosentase jawaban "tidak" sebesar 18.80%. dan untuk kemampuan komunikasi matematika tulis mengalami peningkatan pada kategori "tinggi" hat ini dapat ditunjukkan dari banyaknya prosentase peningkatan pada kemampuan komunikasi matematika tulis sebesar 62.5% dan yang tetap sebesar 37.5%. sedangkan pada peningkatan kemampuan komunikasi lisan mengalami peningkatan pada kategori "sangat tinggi" hal ini ditunjukkan besarnya prosentase peningkatan pada kemampuan komunikasi matematika lisan sebesar 75% dan yang tetap 25%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istianatin, Istianatin--UNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Komunikasi Matematika; Kooperatif Tipe NHT
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2018 04:39
Last Modified: 23 Oct 2018 04:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28211

Actions (login required)

View Item View Item