Efektifitas penerapan strategi genius learning dalam meningkatkan prestasi belajar fiqih siswa kelas X Madrasah Aliyah Tarbiyatut Tholabah Kranji Paciran Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'idah, Lailiyatus (2009) Efektifitas penerapan strategi genius learning dalam meningkatkan prestasi belajar fiqih siswa kelas X Madrasah Aliyah Tarbiyatut Tholabah Kranji Paciran Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Lailiyatus Sa'idah_D01205151.pdf

Download (732kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28216

Abstract

Menurut Kurikulum Berbasis Kompetensi(KBK) 2004 yang disempurnakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 setiap individu memiliki potensi yang harus dikembangkan. Maka proses pembelajaran yang relevan ialah yang mampu menggali potensi anak didik agar selalu kreatif dan berkembang. Upaya inilah yang senantiasa diupayakan oleh Tim Guru Fiqih MA. Tarbiyatut Tholabah Kranji Paciran Lamongan, terbukti sejak awal tahun 2008 lalu, mulai menerapkan berbagai strategi pembelajaran baru, tennasuk strategi yang berbasis (contextual teaching-learning}. Tetapi untuk pembelajaran yang dipercepat (accelerated learning) atau pembelajaran berbasis siswa aktif (active learning) belum diterapkan secara maksimal. Strategi Genius Learning merupakan salah satu strategi yang didasarkan pada strategi genius learning yang telah disesuaikan dengan kondisi lingkungan belajar siswa dan menggabungkannya dengan berbagai pengetahuan lain yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran. Strategi inilah yang selanjutnya akan penyusun teliti dalam skripsinya yang berjudul "Efektifitas penerapan strategi genius learning dalam meningkatkan prestasi belajar Fiqih siswa kelas X MA. Tarbiyatut Tholabah Kranji Paciran Lamongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektfitas strategi Genius Learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X kelompok eksperimen (kelompok yang menggunakan strategi Genius Learning dalam pembelajaran Fiqih) dengan siswa kelompok kontrol (kelompok yang tidak menggunakan strategi Genius Learning dalam pembelajaran dalam pembelajaran Fiqih) MA. Tarbiyatut Tholabah Kranji Paciran Lamongan. Dengan populasi sebanyak 310 siswa yang terdiri dari delapan kelas (XA-XH) Sedang sampel yang digunakan adalah Teknik Sampling Non Probabilitas Type Purposive Sampling yaitu pengambilan sampel dengan cara mengambil subyek bukan didasarkan pada strata, random atau daerah, melainkan didasarkan atas adanya tujuan tertentu. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas Xe (38 siswa) sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas XE (38 siswa) sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode Uji Coba, Wawancara, Dokumentasi, Angket dan Tes. Untuk menguji keampuhan lnstrumen dilakukan dengan Uji Validitas dan Realibilitas dan Teknik Doeble Test Double Trial Method yang kemudian dilanjutkan dengan analisis Statistik Uji "t" (Rumus Fisher) untuk menganalisa data tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara peningkatan prestasi belajar siswa kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata kelompok Eksperimen dari 6,2 Pre Test) menjadi 8,5(Post Test) dan kelompok kontrol dari 6,3 (Pre Test) menjadi 7,2 (Post Test). Ini menunjukkan tingkat signifikansi sebesar 1,3. Dalam hasil perhitungan Uji t diperoleh to sebesar 5,060. Angka ini jauh lebih besar dibanding tt pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,00 dan taraf signifikansi 1%yaitu2,65 2,00 < 5,060 > 2,65). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Genius Learning cukup efektif dalam meningkatkan prestasi belajar Fiqih siswa kelas X MA. Tarbiyatut Tholabah Kranji Paciran Lamongan. Dikarenakan keterbatasan peneliti, maka diperlukan pengkajian lebih lanjut oleh peneliti-peneliti lain, terutama mengenai varias-variasi baru strategi pembelajaran Fiqih.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'idah, LailiyatusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Fikih
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Strategi genius learning; prestasi belajar; fiqih
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2018 07:59
Last Modified: 01 Nov 2018 05:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28216

Actions (login required)

View Item View Item