This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Huda, Miftahul (2010) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dengan pendekatan kontekstual pada pokok bahasan perbandingan di kelas I-B SMP Islam Brawijaya Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Miftakhul Huda_D04205022.pdf Download (2MB) |
Abstract
Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) telah mengalami perkembangan yang cukup pesat sehingga diperlukan sumber daya manusia yang berberkualitas dan handal dibidangnya. Salah satu bentuk upaya peningkatan sumber daya manusia adalah melalui peningkatan mutu pendidikan terutama pendidikan matematika. Salah satu prinsip penting dalam psikologi pendidikan adalah peranan guru tidak hanya semata-mata memberikan pengetahuan pada siswa. Namun. pembelajaran yang terlaksana didalam kelas cenderung masih berpola konvensional. Semestinya dalam proses pembelajaran guru memilih strategi yang mengaktifkan siswa untuk membangun sendiri pengetahuan mereka dalam menemukan konsep dan prinsip yang dipelajarinya. Salah satu model pembelajaran yang cocok adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan pendekatan kontekstual. Karena pembelajaran kooperatif adalah suatu model pembelajaran digunakan untuk mewujudkan kegiatan belajar mengajar yang berpusat pada siswa (studend oriented). Sedangkan pendekatan kontekstual membantu guru menghubungkan materi pelajaran dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Dari paparan tersebut peneliti ingin mengetahui, bagaimana aktivitas siswa selama pembelajaran, bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, bagaimana ketuntasan hasil belajar siswa, dan bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan kontekstual? Untuk menjawab pertanyaan tersebut diadakanlah penelitian tentang penerapan model pembelajaran TPS dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan teknik the one shut case-study yang bertujuan untuk mendeskripsikan aktifitas siswa selama pembelajaran. kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, hasil belajar siswa, dan respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini dilaksanakan dikelas 1-b SMP Islam Brawijaya - Mojokerto pada semester l tahun ajaran 2009/20 l 0 dengan jumlah siswa 41 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes dan metode angket. Metocle obserfasi digunakan untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa dan pengelolaan guru dalam pengelolaan pembelajaran. Metode tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa. Metode angket digunakan untuk mengetahui respon siswa. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa yang paling banyak dilakukan selama pembelajaran berlangsung adaJah mengerjakan/mendiskusikan LKS dengan kelompoknya yaitu sebesar 27,08%. Maka aktivitas siswa selama pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan kontekstual berlangsung tergolong aktif. Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan kontekstual dikategorikan baik dengan nilai rata-rata setiap aspek 3,32. ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 90,24%, sehingga dapat dikatakan siswa telah menguasai pelajaran. Sedangkan respon siswa terhadap pembelajaran secara keseluruhan adalah positif.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Model pembelajaran; tipe think-pair-share; pokok bahasan perbandingan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor : samid library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2018 08:30 | ||||||
Last Modified: | 01 Nov 2018 05:39 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28228 |
Actions (login required)
View Item |