This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Setyawan, Anggi (2015) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA SEJARAH PERADABAN INDONESIA DENGAN MEDIA FACEBOOK PADA SISWA KELAS V SDN KANDANGAN 1 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (660kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (250kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh masalah yang timbul dikelas V B SDN Kandangan 1 Surabaya. Masalah tersebut mengenai hasil belajar siswa kelas V B SDN Kandangan 1 Surabaya masih rendah. Pernyataan tersebut dibuktikan dari hasil deskripsi nilai siswa semester 1 pada mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya kemampuan memahami bacaan serta menulis yang baik dan benar dengan mendapatkan nilai kurang dari KKM sebesar 66. Oleh sebab itu, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media facebook dengan jenis penelitian kolaboratif yaitu pelaksanaannya dilakukan dengan bekerja sama dengan wali kelas V B.
Penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis dan McTaggart, yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Pengambilan data dilakukan dengan cara mengadakan tes, observasi dan wawancara. Model penelitian Kemmis dan McTaggart ini memiliki urutan kegiatan yakni menyiapkan perencanaan, tindakan dan observasi. Materi yang dipilih untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas ini adalah tema 7 subtema 3 pembelajarn 4 dengan tujuan pembelajaran yaitu menceritakan secara tertulis tentang pengalaman siswa dalam meneladani sikap para pahlawan dan tokoh-tokoh dari kerajaan Islam dalam kehidupan sehari-hari.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada tema 7 subtema 3 pembelajaran 4 dengan persentase ketuntasan siswa pada siklus pertama sebesar 67,5% dari jumlah total 40 siswa kelas V B dan nilai rata-rata dari 3 aspek penilaian didapatkan nilai sebesar 68,53. Kemudian pada siklus yang kedua, perolehan nilai rata-rata siswa kelas V B terhadap 3 kriteria penilaian naik sebesar 71,30 dan persentase ketuntasan siswa yaitu 87,5% dari jumlah total 40 siswa. Selain itu juga, aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dengan media facebook ini juga mengalami peningkatan, pada siklus I berdasarkan observasi peneliti, rata-rata jumlah nilai perolehan keaktifan siswa hanya 44,4 dari total 36 siswa dalam satu kelas dan di siklus yang kedua, rata-rata jumlah nilai perolehan keaktifan siswa kelas V B mengalami kenaikan menjadi 65 dari 38 siswa.
Jadi penelitian tindakan kelas pada tema 7 subtema 3 pembelajaran 4 dengan menggunakan media facebook dinyatakan tuntas atau berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas V B sesuai dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Taufik | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan > Media Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||
Keywords: | Hasil Belajar Siswa; Media; Facebook | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 20 Nov 2015 08:14 | ||||||
Last Modified: | 20 Nov 2015 08:14 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2825 |
Actions (login required)
View Item |