PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK MELALUI METODE TEAM QUIZ SISWA KELAS III DI MI NAHDLATUL ULAMA KEDUNGREJO WARU SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masruki, Masruki (2015) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK MELALUI METODE TEAM QUIZ SISWA KELAS III DI MI NAHDLATUL ULAMA KEDUNGREJO WARU SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran Amkidah Akhlak. Hasil belajar yang rendah memberikan dampak sulitnya mencapai tujuan pembelajaran bagi pelaku pendidikan. Untuk meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak, diambil tindakan pembelajaran melalui Metode Team Quiz yang di lakukan 2 siklus. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan metode team quiz di kelas
III MI Nahdlatul Ulama’ Kedungrejo? (2) belajar siswa pada mata pelajaran Akidah di MI Nahdlatul Ulama’ Waru kelas III dengan menggunakan metode Team Quiz?
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui pelaksanaan metode Team Quiz di kelas III MI Nahdlatul Kedungrejo Waru.(2) Meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Akidah Akhlak kelas III MI Nahdlatul Ulama’ rejoKedungWarudengan metode Team Quiz. Untuk memperoleh hasil penelitian di lakukan dengan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model PTK yang di gunakan yaitu model Kurt Lewin yang dalam satu siklus terdiri dari empat komponen , meliputi: Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Tehnik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tehnik pengisian angket, hasil belajar dan lembar observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Team Quiz pada siswa kelas III MI Nahdlatul Ulama’ Kedungrejotelahdilaksanakandengan baik. Dapat di lihat dari skor observasi aktifitas guru meningkat dari silklus I ke siklus II. Dan hasil skor observasi aktifitas siswa juga meningkat dari siklus I siklus II. Prosentase ketuntasan hasil belajar tes tulis pada siklus I di peroleh nilai sebesar 56,25% dengan kategori cukup baik dan pada siklus II di peroleh nilai 100% dengan kategori baik dari jumlah keseluruan siswa yang tuntas memenuhi KKM. Sedangkan prosentase ketuntasan hasil belajar dalam sikap membiasakan diri mengucapkan kalimat thoyyibah sehari-hari pada siklus I di peroleh nilai 68% dengan kategori kurang dan pada siklus II di peroleh 89% dengan kategori baik, dari jumlah keseluruan peserta didik yang tuntas memenuhi KKM.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masruki, MasrukiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Motifasi Belajar; Akhida Akhlak; Siswa kelas III
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Hanafi
Date Deposited: 22 Jan 2016 06:11
Last Modified: 22 Jan 2016 06:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2832

Actions (login required)

View Item View Item