This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Habib, Muhammad Hayyi (2018) Penerapan strategi pembelajaran Index Card Match untuk meningkatkan pemahaman konsep materi Bangun Ruang mata pelajaran Matematika pada siswa Kelas VB MI Darul Hidayah Sudimoro Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Muhammad Hayyi Habib_D77214068.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang mata pelajaran matematika. Persentase ketuntasan siswa hanya sebesar 32% (kurang). Hal tersebut terjadi karena siswa menganggap pembelajaran matematika adalah sesuatu yang sulit. Selain itu pembelajaran juga lebih banyak menggunakan metode ceramah yang mengakibatkan siswa menjadi pasif dalam pembelajaran. Menanggapi hal tesebut, maka diperlukan penerapan strategi index card match untuk meningkatkan pemahaman konsep materi bangun ruang mata pelajaran matematika pada siswa kelas VB MI Darul Hidayah Sudimoro Sidoarjo. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran index card match pada konsep materi bangun ruang mata pelajaran matematika pada siswa kelas VB MI Darul Hidayah Sudimoro? 2) Bagaimana peningkatan pemahaman konsep materi bangun ruang mata pelajaran matematika pada siswa kelas VB MI Darul Hidayah Sudimoro setelah digunakan strategi pembelajaran index card match? Penelitian tindakan kelas (PTK) ini menggunakan model penelitian Kurt Lewin. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB MI Darul Hidayah Sudimoro yang terdiri dari 25 siswa. Hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa: 1) Penerapan strategi pembelajaran index card match dapat meningkatkan aktifitas guru dan siswa. Aktivitas guru pada siklus I 80,3 (Baik) meningkat menjadi 88,3 (Baik) pada siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I 75 (Cukup) meningkat menjadi 80,6 (Baik) pada siklus II. 2) Peningkatan pemahaman konsep materi bangun ruang setelah menerapkan strategi pembelajaran index card match dapat diketahui berdasarkan nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasannya. Nilai rata-rata siklus I 74,2 (Cukup) kemudian meningkat menjadi 83,8 (Baik) pada siklus II. Persentase ketuntasan di siklus I 60% di siklus II meningkat menjadi 88%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar Pendidikan > Pendidikan Materi |
||||||
Keywords: | Strategi pembelajaran; index card match; pemahaman konsep; bangun ruang | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Habib Muhammad Hayyi | ||||||
Date Deposited: | 15 Nov 2018 04:14 | ||||||
Last Modified: | 15 Nov 2018 04:14 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28549 |
Actions (login required)
View Item |