Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, kelompok persahabatan, dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswi: studi kasus mahasiswi ekonomi syariah angkatan tahun 2014 - 2016

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Octafinna, Dinda Dwi (2018) Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, kelompok persahabatan, dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswi: studi kasus mahasiswi ekonomi syariah angkatan tahun 2014 - 2016. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dinda Dwi Octafinna_G74214044.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuannya menjawab pertanyaan tentang : Apakah terdapat pengaruh status sosial ekonomi orang tua, kelompok persahabatan, dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswi ekonomi syariah angkatan tahun 2014 – 2016 secara parsial, dan Apakah terdapat pengaruh status sosial ekonomi orang tua, kelompok persahabatan, dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswi ekonomi syariah angkatan tahun 2014 – 2016 secara simultan. Metode penelitian yang di gunakan adalah pendekatan kuantitatif diskriptif. Pengumpulan data premier dilakukan dengan penyebaran kuesioner dengan sampel 189 mahasiswi ekonomi syariah dari angkatan tahun 2014-2016. Untuk menganalisis di gunakan sebuah alat analisis berupa SPSS Versi 20.0. metode analisis untuk menguji instrumen pernyataan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik yang terrdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas, uji hipotesis yang terdiri uji F (secara simultan) dan Uji T (secara parsial), uji regresi linear berganda, dan uji determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan, uji validitas dan reliabilitas dinyatakan valid dan reliabel. Uji asumsi klasik menunjukkan data berdistribusi normal, tidak terjadi multikolinieritas dan tidak terjadi heteroskedastisitas. Uji T (secara parsial) menunjukkan status sosial ekonomi orang tua sebesar 2,472>1,972 dengan signifikan 0,000<0,05, artinya status sosial ekonomi orang tua berpengaruh kuat dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswi. Kelompok persahabatan sebesar 3,089>1,972 dengan signifikan 0,002<0,05, artinya kelompok persahabatan berpengaruh kuat dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswi. Variabel gaya hidup sebesar 4,401>1,972 dengan signifikan 0,000<0,05, artinya variabel gaya hidup berpengaruh kuat dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswi. Uji F (simultan) menyatakan nilai sebesar 32,004>2,65 dengan signifikan 0,000<0,05. Artinya ketiga variabel berpengaruh kuat dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswi. Nilai R square 0,585 berarti ketiga variabel berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswi sebesar 34,2% sedangkan 65,8% di pengaruhi variabel lain. Saran dari penelitian ini, seharusnya mahasiswi menjadi konsumen yang cerdas yang dapat membedahkan antara kebutuhan dan keinginan. Jangan mudah tergiur oleh strategi pemasaran dan pertimbangkan dahalu sebelum membeli produk. Akan tetapi dalam penelitian ini kelompok persahabatan termasuk perilaku konsumsi

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Octafinna, Dinda Dwidindadwioct@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Remaja, Gaya hidup
Keywords: Status sosial; ekonomi orang tua; kelompok persahabatan; gaya hidup; perilaku konsumtif
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Octafinna Dinda Dwi
Date Deposited: 15 Nov 2018 04:36
Last Modified: 20 Mar 2019 01:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28582

Actions (login required)

View Item View Item