This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Al Baqie, A. Fuad Abd (2018) Pengembangan buku ajar Aljabar dengan menggunakan worked example. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
A. Fuad Abd Al-Baqie_D04213001.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekurangmampuan siswa dalam menyelesaikan masalah aljabar. Siswa kurang mampu menyelesaikan masalah aljabar jika masalah tersebut dimodifikasi, sehingga hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yaitu mengembangkan buku ajar aljabar dengan menggunakan worked example. Materi yang dimuat dalam buku ajar ini adalah aljabar SMP, KD 3.5 dan 4.5. Di dalam buku ini siswa akan berfokus pada menganalisis dan menentukan apakah prosedur-prosedur worked example benar atau salah disertai dengan alasannya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penilaian komponen kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan kegrafikan dan keefektifan penggunaan buku ajar alajabar menggunakan worked example. Untuk mengetahui kelayakan buku ajar aljabar peneliti peneliti menggunakan lembar angket, berupa lembar angket kelayakan isi, lembar angket kelayakan bahasa, dan lembar angket kelayakan kegrafikan. Untuk mengetahui keefektifan penggunaan buku ajar aljabar menggunakan worked example, peneliti menggunakan tes dan angket, berupa tes hasil belajar aljabar dan angket respon siswa. Di dalam buku ajar aljabar dengan menggunakan worked example ini siswa menentukan dan membedakan prosedur yang benar dan prosedur yang salah. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model ADDIE, yang terdiri dari lima langkah, 1) analisis, 2) perancangan, 3) pengembangan, 4) implementasi, dan 5) evaluasi. Subjek penelitian ini berjumlah 31 siswa kelas VII.A MTs Hasyim Asy’ari, Sukodono, Sidoarjo. Desain penelitian ini menggunakan desain one shout case study. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata kelayakan buku ajar aljabar sebesar 4,2, dengan predikat sangat layak. Kelayakan kebahasaan mendapatkan nilai rata-rata 4,5 yang dinyatakan sangat layak. Kelayakan kegrafikan mendapatkan nilai rata-rata 4,6, sehingga dinyatakan sangat layak. Sedangkan nilai hasil tes belajar siswa, diperoleh 26 dari 31 siswa tuntas, sisanya tidak tuntas. Diperoleh persentase 83,9% siswa tuntas. Respon siswa terhadap buku ajar aljabar mendapatakan persentase 70%, sehingga respon dinyatakan positif. Karena 83,9% siswa tuntas dan respon siswa dinyatakan positif, maka penggunaan buku ajar aljabar menggunakan worked example dinyatakan efektif.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan |
||||||||
Keywords: | Worked example; aljabar; ADDIE; buku ajar | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
Depositing User: | Al Baqie A. Fuad Abd | ||||||||
Date Deposited: | 19 Nov 2018 01:25 | ||||||||
Last Modified: | 14 Sep 2020 01:58 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28670 |
Actions (login required)
View Item |