This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fauzi, Andre Nur (2010) Strategi promosi dalam penjualan produk: studi kasus pada PT Kelola Mina Laut Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Andre Nur Fauzi_B36206013.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan perusahaan bisa tercapai tanpa strategi namun belum tentu efektif. Terlebih dalam dunia bisnis sekarang pemenang ditentukan bukan berdasarkan faktor keberuntungan seperti undian, melainkan seperti pemenang dalam kejuaraan olaraga. Kemenangan ditujukan pada segelintir pihak yang berusaha dan bekerja keras, maka untuk tujuan memenangkan pasar dalam dunia bisnis perusahaan perlu merancang sebuah strategi, terutama strategi dalam promosi. Strategi dalam promosi diperlukan untuk tujuan mendorong penjualan atas produk perusabaan, namun untuk tujuan tersebut perusahaan tidak bisa hanya berdiam diri saja. Terlebih dalam dunia bisnis modern saat ini dimana persaingan diantara produk-produk sejenis dipasaran untuk memikat konsumen-konsumen pasar semakin agresif. Untuk menyikapi itu promosi yang terarah meropakan salah satu jalan menghadapi problematikan tersebut. Promosi yang dijalankan perusahaan perlu direncanakan dan dilaksanakan dengan sebaik mungkin agar mampu bersaing ditengah-tengah persaingan dunia bisnis selain itu agar mampu mengembangkan usaha-usaha perusahaan. Sehubungan dengan rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana perencanaan promosi di PT Kelola Mina Laut Gresik dan bagaimana pelaksanaan dan evaluasinya. Untuk tujuan mengurai pembahasan tersebut dalam penelitian ini, peneliti mempergunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Dengan pendekatan bertujuan untuk memaparkan mengenai suatu persoalan secara jelas dan akurat sesuai dengan fakta yang ada dilapangan. Sebagai pedoman dalam menganalisi data-data dalatn penelitian ini adalah mempergunakan analisis Komparatif Konstan (constans analiysis method). Pada keseluruhan pembahasan dalam penelitian ini, adapun temuan temuan yang berhasil dihimpun selama penelitian berlangsung mencakup perencanaan promosi yang dilaksanakan oleh pihak managemen. Bahwa dalam perencanaan promosi ialah ditentukan tujuan promosi terlebih dahulu kemudian menentukan segmen khalayak sasaran yang dituju, perumusan anggaran promosi dan pemilihan sebuah berita yang sesuai dengan segmen khalayak pasar. Pelaksanaan promosi mencakup kegaiatan managemen untuk menginformasikan produk kepada konsumennya. Pelaksanaan promosi mencakup kegiatan antara lain, pemilihan media untuk mencapai segmen khalayak pasar, kemudian mempersiapkan sarana penunjang promosi baik dari segi sumber daya manusia atau pasukan promo ataupun sarana-saran penduktmg lainya. Pada pelaksanaan promosi juga penting mempertimbangkan waktu pelaksanaanya, managemen juga perlu menguasai taktik operasional dalam menginformasikan produknya pada konsumen. Menagemen selain dari aspek-aspek yang dijelaskan dalam pelaksanaan promosi diatas juga perlu menguasai teknik dalam meyakinkan konsumen untuk melakukan tindakan pembelian produk. Tahap terakhir dari promosi ialah diadakannya evaluasi, evaluasi dijalankan oleh pihak managemen didasarkan pada segi penggunaan anggaran promosi, seberapa besar sebaran promosi yang telah dicapai, tingkat pemahaman konsumen dan apakah selama pelaksanaan promosi terdapat komentar dari konsumen.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pemasaran Perusahaan Perdagangan |
||||||
Keywords: | Strategi promosi; penjualan produk | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi | ||||||
Depositing User: | Editor : samid library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 07 Jan 2019 03:35 | ||||||
Last Modified: | 07 Jan 2019 03:35 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28986 |
Actions (login required)
View Item |