PEMAHAMAN MASYARAKAT TERHADAP PRODUK PENGHIMPUNAN DANA BANK SYARIAH DI KECAMATAN KEBOMAS KABUPATEN GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hajar, Hening Siti (2013) PEMAHAMAN MASYARAKAT TERHADAP PRODUK PENGHIMPUNAN DANA BANK SYARIAH DI KECAMATAN KEBOMAS KABUPATEN GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana pemahaman dan respons masyarakat terhadap produk penghimpunan dana bank syariah di Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik.
Data penelitian terhimpun dari wawancara secara langsung dengan beberapa responden masyarakat Kecamatan Kebomas yang dipilih secara acak dari perwakilan dari tiap bank syariah yang ada di Kecamatan Kebomas, serta literatur pendukung yang relevan terhadap permasalahan yang penulis angkat. Selanjutnya, penelitian ini dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman masyarakat Kecamatan Kebomas terhadap produk penghimpunan dana bank syariah, khususnya yang telah menjadi nasabah di bank syariah, bisa dikatakan paham meskipun masih ada beberapa masyarakat yang belum memahaminya. Perbedaan pemahaman ini disebabkan oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah pengalaman seseorang yang berbeda-beda.
Selanjutnya, setelah masyarakat memahami produk bank penghimpunan dana bank syariah, yang didapat adalah berbagai respons baik positif maupun negatif. Respons positif dari masyarakat adalah ketika menjadi nasabah bank syariah dan memperkenalkan produk penghimpunan dana bank syariah kepada teman atau kerabat. Sementara respons negatif yang didapat adalah ketika lebih memilih bank konvensional sebagai tujuan utama untuk menyimpan dananya.
Agar masyarakat Kecamatan Kebomas memahami produk penghimpunan dana bank syariah, dan mendapatkan respons yang cukup baik dari masyarakat, baiknya pihak bank syariah mengadakan sosialisasi minimal dua bulan sekali. Agar tidak ada yang berfikir bahwa menabung di bank syariah sama saja dengan di bank konvensional. Masyarakat juga bisa mengetahui perbedaan serata keunggulan dari produk penghimpunan dana bank syariah. Tentu saja, fasilitas seperti mesin ATM perlu untuk ditambah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sirajul Arifin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hajar, Hening SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Bank Islam
Keywords: Pemahaman Masyarakat; Penghimpunan Dana Bank Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Dec 2015 03:13
Last Modified: 30 Dec 2015 03:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2946

Actions (login required)

View Item View Item