AN ANALYSIS OF CURRICULUM 2013 (K-13) LESSON PLAN DESIGNED BY THE PRE-SERVICE ENGLISH TEACHER

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khusniyah, Istianatul (2015) AN ANALYSIS OF CURRICULUM 2013 (K-13) LESSON PLAN DESIGNED BY THE PRE-SERVICE ENGLISH TEACHER. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (906kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 telah membuat beberapa perubahan dan memperkenalkan komponen yang diperlukan guru dengan harapan bahwa kurikulum ini akan membuat proses belajar lebih baik. Kurikulum 2013 menetapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) K-13 yang perlu dirancang oleh guru. Khususnya bagi mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang kurang memiliki pengalaman dalam mengajar, RPP digunakan sebagai pedoman prosedur mengajar sebelum mengajar Bahasa Inggris di kelas yang nyata. Namun, mahasiswa PPL 1 masih menghadapi kesulitan dalam merancang RPP K-13. Oleh karena itu, analisis RPP K-13 menjadi topik penelitian ini yang didasarkan pada pertanyaan penelitian; 1) Apakah RPP yang dirancang oleh mahasiswa PPL 1 memenuhi persyaratan K-13 ?; 2) Apa kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa PPL 1 dalam merancang RPP K-13? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data kualitatif diperoleh dari mahasiswa PPL 1 dan dari dokumentasi serta wawancara. Dokumen yang berupa RPP K-13 dianalisis dengan menggunakan checklist yang terdiri dari enam aspek; indikator pencapaian standar kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, sumber pembelajaran, kegiatan pengajaran, dan penilaian untuk menjawab tujuan pertama penelitian. Kemudian, panduan wawancara disediakan untuk menjawab tujuan kedua penelitian. Penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar RPP K-13 yang dirancang oleh mahasiswa PPL 1 memenuhi persyaratan K-13 yang ditetapkan oleh Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.103 Tahun 2014 tentang pedoman penyusunan kurikulum 2013 untuk tingkat Sekolah Dasar dan Menengah. Semua komponen RPP K-13 tercakup dalam RPP yang dirancang. Namun, ada kekurangan yang ditemukan dalam 5 komponen dari RPP yang dirancang; 1) indikator pencapaian standar kompetensi; 2) tujuan pembelajaran; 3) materi pembelajaran; 4) kegiatan pengajaran; dan 5) penilaian. Kemudian, ada 3 kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa PPL 1 dalam merancang RPP K-13; 1) kesulitan dalam merumuskan tujuan pembelajaran, seperti menggabungkan KI ke KD kemudian menghubungkan KD ke indikator pencapaian standar kompetensi dan tujuan pembelajaran dan juga memilih kata kerja operasional yang sesuai; 2) kesulitan dalam memilih kegiatan pengajaran, seperti menentukan dan mengklasifikasikan kegiatan pengajaran dalam pendekatan ilmiah (5M) yang sesuai dalam waktu yang proporsional, menghubungkan kegiatan pengajaran dengan kehidupan nyata, dan melibatkan siswa untuk bertanya di tahap menanya (questioning); dan 3) kesulitan dalam memilih penilaian, seperti menggunakan teknik penilaian otentik, membuat penilaian afektif, dan membuat detail rubrik

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Rakhmawati, Hikmatul Masykuriyah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khusniyah, IstianatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Pendidikan
Pendidikan > Bahasa Inggris
Keywords: Lesson Plan; Curriculum 2013
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Dec 2015 03:32
Last Modified: 22 Dec 2015 03:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2995

Actions (login required)

View Item View Item